Mahasiswa PBA IAIN Raden Intan Lampung Berkunjung ke UNIDA Gontor

Mahasiswa PBA IAIN Raden Intan Lampung Berkunjung ke UNIDA Gontor

Pada tanggal 17 Februari 2015 UNIDA Gontor kedatangan tamu dari mahasiswa fakultas tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung. Mereka adalah para mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Tamu yang berjumlah 50 mahasiswa yang terdiri dari semester VI tersebut berkunjung dalam rangka berbagi pengalaman dalam pembelajaran bahasa arab di lingkungan kampus.

Tujuan kedatangan para mahasiswa tersebut adalah untuk studi banding dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Selain ke UNIDA Gontor mereka juga melaksanakan studi wisata pendidikan ke beberapa perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya yang berada di Yogyakarta, Malang, dan Bandung. Serangkaian acara mahasiswa IAIN Raden Intan tersebut bermaksud mengadakan pengamatan dan pengumpulan data untuk karya tulis.

“Tujuan mahasiswa IAIN Raden Intan datang ke Pondok Pesantren Darussalam Gontor dan Universitas Darussalam Gontor adalah untuk mengamati metode pembelajaran bahasa arab”. Ungkap Dr. Erlina, selaku Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

Studi wisata pendidikan tersebut merupakan program institusi. Dengan adanya program tersebut mahasiswa diharapkan mampu menggali ilmu tentang pembelajaran bahasa arab yang lebih banyak lagi. Sehingga ilmu pembelajaran tersebut dapat diimplementasikan dalam lingkungan IAIN Raden Intan.

Kunjungan mahasiswa tersebut dilakukan dengan dibimbing oleh para dosen IAIN Raden Intan. Di antaranya adalah Dr. Erlina M.Ag., Atik Rusdiani, M.Pd.I, dan M. Afif Amrullah, M.Pd.I. Kehadiran para tamu tersebut disambut oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UNIDA Gontor.

Adapun yang menjadi pembicara dalam acara tersebut adalah Mohammad Ismail, M.Pd.I (sekretaris fakultas tarbiyah) yang mewakili Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UNIDA Gontor yaitu Alif Cahya Setiyadi, M.A. Banyak hal yang disampaikan dalam pertemuan tersebut. Di antaranya adalah tentang kurikulum PBA yang ada di UNIDA Gontor serta program-program terkait dengan peningkatan bahasa di lingkungan universitas.

Pertemuan yang diadakan di Hall CIOS (Centre for Islamic and Occidental Studies) tersebut berjalan dengan maksimal. Mahasiswa terlihat begitu antusias mengikuti acara mulai awal hingga akhir. Hal tersebut terlihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya tentang strategi serta kegiatan-kegiatan kebahasaan yang ada di UNIDA Gontor.

Pada akhir acara mereka pun mengunjungi perpustakaan UNIDA Gontor untuk melihat koleksi buku-buku bahasa arab dan juga skripsi-skripsi yang terkait dengan Pendidikan Bahasa Arab. Selain itu, mereka juga menyempatkan diri mengelilingi bangunan rusunawa dan gedung terpadu yang sedang dalam proses pembangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *