Mahasiswa KUIS Malaysia Belajar Bahasa Arab di UNIDA Gontor

Mahasiswa KUIS Malaysia Belajar Bahasa Arab di UNIDA Gontor

Salah satu aspek penting yang menjadi perhatian Universitas Darussalam Gontor adalah pengembangan bahasa. Untuk mengembangkan pendidikan dan pengajaran bahasa, UNIDA Gontor mendirikan lembaga khusus pengembangan bahasa yang disebut dengan Language Center. Lembaga ini bertugas membuat kurikulum terkait pengembangan bahasa. Baik itu bahasa Inggris maupun bahasa Arab.

Language Center memiliki banyak sekali program peningkatan bahasa. Di antara program tersebut adalah mengadakan pelatihan bahasa Arab bagi mahasiswa luar negeri. Tahun ini, Language Center UNIDA Gontor kedatangan mahasiswa luar negeri dari kampus Kolej Universiti Islam Antarbangsa Selangor (KUIS) Malaysia.

Progam pelatihan bahasa Arab ini akan berlangsung selama 2 bulan. Terhitung sejak tanggal 5 April – 1 Mei 2015. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 1 UNIDA Gontor yaitu Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi M.A. M.Phil. Dalam pidatonya beliau berpesan agar mahasiswa KUIS Malaysia serius dalam belajar bahasa Arab. Beliau juga menerangkan bahwa di UNIDA Gontor adalah lingkungan yang penuh disiplin. Untuk itu, mahasiswa KUIS Malaysia juga dihimbau untuk belajar dan membiasakan hidup berdisiplin di lingkungan pesantren.

Selain itu, ketua lembaga Pusat Bahasa, Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A. juga berterima kasih kepada pihak KUIS Malaysia yang telah mempercayai UNIDA Gontor sebagai lembaga yang dianggap mampu mengembangkan bahasa Arab di lingkungan kampus. Atas kepercayaan tersebut, Language Center akan terus berusaha meningkatkan seluruh kemampuan yang dimiliki demi terciptanya mahasiswa muslim yang pakar di bidang bahasa Arab.

Pada tahun  ini, rombongan mahasiswa KUIS Malaysia yang datang ke UNIDA Gontor berjumlah kurang lebih 54 mahasiswa. Mereka terdiri dari 24 mahasiswa dan 30 mahasiswi. Kedatangan mereka dengan dibimbing oleh 2 dosen yaitu Dr. Muhammad Syukri Abdurrahman dan juga Dr. Abdul Halim Shibab.

“Kami mengirim mahasiswa terbaik sebanyak 54 mahasiswa dari KUIS Malaysia ke UNIDA Gontor ini untuk belajar bahasa Arab dengan serius. Untuk itu, mereka tidak diizinkan untuk membawa handphone agar mereka serius dalam dua bulan ini untuk belajar bahasa arab secara intensif”. Ungkap Dr. Abdul Halim Shihab dalam acara pembukaan pelatihan bahasa Arab.

Kegiatan ini bukanlah pertama kali yang dilakukan antara KUIS Malaysia dengan UNIDA Gontor. Program ini telah berlangsung sejak tahun 2013. Artinya, tahun ini adalah tahun ketiga untuk program pemantapan bahasa Arab dan pembentukan kepribadian mahasiswa.

Adapun tempat pelatihan bahasa Arab ini nantinya akan dipisah. Untuk mahasiswa akan ditempatkan di kampus pusat Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo. Sedangkan untuk mahasiswi akan dibina di kampus putri Universitas Darussalam Gontor yang terletak di Mantingan, Ngawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *