Mahasiswa HI UNIDA Gontor Adakan Studi Akademik ke Konjen USA dan Jepang di Surabaya

Mahasiswa HI UNIDA Gontor Adakan Studi Akademik ke Konjen USA dan Jepang di Surabaya

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan Mahasiswa HI, diadakanlah Studi Akademik atau kunjungan disetiap semesternya. Kali ini, mahasiswa Semester 1 Hubungan Internasioanl UNIDA GONTOR mengadakan Studi Akademik ke Konsulat Jenderal (Konjen) U.S.A dan Jepang di Surabaya.

SURABAYAPada hari Selasa yang lalu, tanggal 3 Oktober 2017 mahasiswa Program Hubungan Internasional Semester 1 mengadakan kunjungan Studi Akademik ke Konsulat Jenderal Amerika Serikat dan Jepang di Surabaya. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib bagi seluruh mahasiswa semester 1 yang berjumlah 55 mahasiswa. Didampingi oleh 2 dosen pembimbing, yaitu Ustadz Sofi Mubarok, M.A. dan Ustadz Aprilia Restuning Tunggal, M.A.

Mereka berangkat dari kampus sejak malam hari dan mulai memasuki Kantor Konjen Amerika Serikat (AS) pada pukul 07.00 WIB. Setelah melewati proses keamanan yang cukup lama, mereka dikumpulkan di Hall bersama tutor – tutor yang telah siap menyambut mereka. Tutor – tutor itu ialah pegawai Konjen dari bagian Humas. Mereka adalah Mas Purba yang mengurusi bidang Edukasi, Mba Rum bagian Pertukaran Pelajar, dan Bu Tati dari bagian Politik dan Ekonomi. Ketika presentasi dan tanya jawab berlangsung sempat datang Kepala Bagian Humas yaitu Ibu Christy yang berasal dari Amerika Serikat.

Dalam Hall ini, para mahasiswa dipersilahkan bertanya apa saja yang berkaitan dengan AS. Baik di bidang politik, ekonomi, kebijakan Internasional, pendidikan, pertukaran pelajar, kuliah di AS, dan sebagainya. Mahasiswa yang bertanya mendapatkan bingkisan dari Konjen berupa modul, notebook, gantungan kunci, dan pulpen. Setelah tanya jawab selesai, para mahasiswa diantar untuk menengok Perpustakaan Konjen. Meskipun ruangannya sempit untuk 55 orang. Tapi hal ini tidak mengurangi antusiasme dan semangat mahasiswa untuk mencari tahu dan melihat – lihat di dalam perpustakaan.

“Pengamanan di Konjen AS sangat ketat. Tapi itu tidak masalah, karena banyak ilmu yang kami dapatkan di sana. Dan tanya jawab dengan para tutor juga seru jadi nggak bosan.” Kata salah seorang mahasiswa tentang kesannya terhadap Konjen AS ini.

Kunjungan selanjutnya ialah Konsulat Jenderal Jepang. Pengamanan di Konjen Jepang ini tidaklah seketat di Konjen AS. Seperti di Konjen AS, mereka ditempatkan di Hall bersama para tutor, salah satunya bernama Pak Bara. Disini mereka dipertontonkan sebuah video tentang kebudayaan – kebudayaan dan keunikan Jepang. Selain itu, mahasiswa juga dipaparkan mengenai pendidikan dan program – program kerja sama antara Jepang – Indonesia, khususnya di bidang Pendidikan.

Kunjungan di Konjen Jepang ini tidak terlalu lama, bahkan sangat singkat. Ini dikarenakan acara yang padat di Konjen tersebut. Juga karena keterlambatan kedatangan dikarenakan lalu lintas yang macet. Tapi, hal itu tidak masalah. Karena dari Konjen Jepang membagikan majalah – majalah dan artikel kepada mahasiswa. [Fikrul Umam]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *