Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Lakukan Microteaching Sebagai Persiapan PPL di Malaysia

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Lakukan Microteaching Sebagai Persiapan PPL di Malaysia

Dalam rangka menghasilkan guru pendidikan agama Islam dan Pendidik Bahasa Arab yang profesional, Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor akan melaksanakan PPL ( Praktik Pengalaman Lapangan) atau praktek Mengajar untuk seluruh mahasiswa semester Enam (VI)  Fak. Tarbiyah Prodi PAI & PBA Kampus Siman. PPL tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2017 sampai dengan  12 April 2017 yang bertempat di Ma’had Darul Qur’an Terengganu Malaysia. Untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat melaksanakan PPL atau praktek mengajar ini sebaik mungkin, Fak. Tarbiyah telah menyusun dan melaksanakan beberapa program yang terkait dengan PPL ini,diantaranya adalah program Microteaching.

Microteaching adalah model praktik latihan mengajar sebagai sarana latihan guna menguasai dan melatih keterampilan seni mengajar yang sudah dipelajari para mahasiswa selama masa perkuliahan dan juga sebagai syarat sahnya pelaksanaan PPL atau praktek mengajar di lembaga-lembaga yang telah disepakati oleh Fakultas. Dalam pelaksanaanya, microteaching dilakukan  oleh mahasiswa calon guru bersama teman-temannya dalam satu kelas, dimana 3 orang menjadi observer yang bertugas mengamati sekaligus memberikan kritikan yang membangun, dan lainnya sebagai murid yang diajar.  Setiap kegiatan Microteaching ini selalu didampingi oleh Musyif (Dosen Pembimbing Lapangan /DPL) yang bertugas sebagai pelatih, pengarah dan pemberi masukan dalam hal ketepatan dalam proses mengajar.

Microteaching tahun ini dilakukan dengan sangat ketat, terkontrol dan sangat padat. Hal itu dikarenakan PPL tahun ini bukan PPL biasa seperti yang dilaksanakan ditahun-tahun sebelumnya. PPL tahun ini merupakan PPL yang istiwewa dan bersejarah, karena PPL Fak. Tarbiyah UNIDA Gontor tahun ini akan bertempat di lembaga pendidikan di Luar Negeri yang merupakan pertama kalinya pelaksanaan PPL di Luar Negeri, sehingga tentu hal ini akan menjadi pengalaman baru  dan  akan sangat disoroti. Oleh karena itu, Fak Tarbiyah benar-benar menaruh perhatian yang sangat lebih dalam pelaksanaan PPL tahun ini, dimana kesiapan, kualitas, dan mental seluruh mahasiswa benar-benar telah dipersiapkan dengan sungguh-sungguh  secara optimal, agar benar-benar berbobot, berkualitas dan dapat membawa nama baik Fak. Tarbiyah UNIDA Gontor terlebih nama Gontor sudah sangat terkenal di Malaysia.

Dalam Microteaching ini, semua bahasa pengantar pengajaran menggunakan bahasa Arab,persis seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk Mahasiswa PAI, materi yang diajarkan adalah materi dirosah Islamiyah untuk madrasah tingkatan menengah (setingkat Tsanawiyah)  dan  atas (setingkat Aliyah), seperti Tafsir, Hadist, Tauhid, Aqidah Akhlak, Ilmu Tajwid, dan Tarikh Islami.  Sedangkan mahasiwa PBA, akan mengajar bidang materi; Nahwu, shorf, Imla, Muthola’ah, Muhadatsah, Balaghoh, dan Durusulughoh Al-Arabiyah.  Semua materi tersebut menggunakan buku ajar yang telah disiapkan oleh Ma’had Darul Qur’an Terengganu, sedangkan dalam thoriqotu tadris atau metode pengajaran, tetap menggunakan metode pengajaran ala gontor, yaitu metode yang telah lama digunakan secara bertahun-tahun oleh Pondok Modern Darussalam Gontor.

Kegiatan microteaching tahun ini dilaksanakan secara tiga tahap. Tahap pertama dan kedua dilaksanakan bersama para musyrif yang terdiri dari para Dosen Fak. Tarbiyah, dimana tiap satu orang dosen membimbing dua orang mahasiswa. Tahap ini dilakukan selama 4 minggu secara intens yang dilaksanakan pada tanggal 19 Januari – 19 Februari 2017. Kemudian dilanjutkan Tahap ketiga sebagai pemantapan dari tahapan sebelumnya, yaitu tahapan pengajaran yang langsung dibimbing oleh Musyrif  PPL, yaitu Al-Ustadz Luthfi Muhyiddin, MA dan Al-Ustadz Yoke Suryadarma, M.Pd.I yang dilaksanakan  dari tanggal 21 Februari  – 26 Maret 2017. Dari tiga tahapan microteaching ini, seluruh mahasiswa mendapatkan kesempatan latihan mengajar sebanyak 4-5 kali.

Diharapkan dengan microteaching ini, para mahasiwa semester IV Prodi PAI dan PBA Fak. Tarbiyah UNIDA Gontor  Kampus Siman, dapat menjalankan PPL atau praktek mengajar di lembaga pendidikan di Luar Negeri secara optimal, bermutu dan ber-arti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *