LPPM UNIDA Gontor Gelar Seminar Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

LPPM UNIDA Gontor Gelar Seminar Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

UNIDA Gontor – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menyelenggarakan kegiatan Seminar Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai upaya perbaikan mutu kualitas, evaluasi serta proses deseminasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.  Bertempat di Hall Centre for Islamic and Occidental Studies (CIOS) UNIDA Gontor pada hari Selasa-Rabu, 19-30 Agustus 2017.

Para Presentator sedang mempresentasikan hasil penelitiannya

Seminar ini terbagi dalam 3 sesi, disetiap sesinya  menampilkan hasil-hasil penelitian serta pengabdian masyarakat yang didanai oleh Program Hibah Penelitian dan Pengbdian kepada Masyarakat UNIDA Gontor. Bertemakan  ‘Inovasi Luaran penelitian dan pengabdian masyarakat untuk kemaslahatan umat’ seminar ini menunjukkan bahwa UNIDA Gontor berkomitmen untuk memberikan manfaat.

“Seminar yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ini merupakan pertama kalinya setelah UNIDA Gontor ini berdiri. Dan hasil ini merupakan sebuah peningkatan yang luarbiasa bagi dosen-dosen UNIDA Gontor. Dikarenakan  penelitian dan pengabdian ini merupakan bentuk nyata kita untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat bahkan umat”. Demikian ungkap Dr. Imam Bahroni, M.A. M.Lsc. dalam sambutannya.

Dalam setiap sesi presentasi Seminar, Dr. Muh Fajar Pramono, M.Si. Kepala LPPM bertugas sebagai salah satu Tim Pembahas (reviewer) yang memberi masukan kepada setiap presenter atas hasil penelitian atau pengabdian masyarakat. Adapun jumlah dari tim yang mempresentasikan hasil penelitian atau pengabdiannya adalah 19 tim, dengan 9 tim penelitian dan 9 tim pengabdian kepada masyarakat. Para peneliti dan pengabdi juga mendapat kesempatan untuk memamerkan poster hasil penelitian dan pengabdiannya.

Diakhir acara dilakukan pemilihan dan apresiasi kepada presenter dan poster terbaik berdasarkan pada penilaian tim pembahas. Berikut merupakan tim yang terpilih :

Penyerahan Penghargaan Kepada Presenter & Poster Terbaik Penelitian

Presenter Terbaik Penelitian : Prodi PBA (Yoke Suryadarma, M.Pd.I. dan Achmad Farouq Abdullah, M.Pd.I) dengan judul penelitian “Analisis Problematika Pembelajaran Insya’ Santri Kelas Lima Kulliyatul Mu’alimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Modern Darussalam Gontor Dua Tahun Ajaran 2016/2017”.  Presenter Terbaik Pengabdian kepada Masyarakat : Prodi Teknologi Industri Pertanian (Tian Nur Ma’rifat, S.TP., M.Si dan Maya Sari, S.TP., M.Si.) dengan judul “Penerapan Sistem Jaminan Halal Dan Strategi Pemasaran Halal Pada UKM Bidang Olahan Pangan Hewani di Kabuparten Ponorogo”.

Sedangkan untuk Poster Terbaik Penelitian : Prodi Manajemen (Yayan Firmansyah, M.P.S.D.M., Fajar Surya Ari Anggara, M.M., dan Ely Windarti Hastuti, S.E., M.Sc., Ak.) dengan judul “Identifikasi Model Rekrutmen dan Seleksi Karyawan pada Spiritual Company (Studi Kasus pada Mangrove Grafika Yogyakarta)”. Poster Terbaik Pengabdian : Prodi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Eka Rosanti, S.ST., M.Si. dan Yulia Dwi Andarini, MPH., Apt.) dengan judul “Program Pendampingan Pembentukan Pos Upaya Kesehatan Kerja (Ukk) Pada Petani Yang Menggunakan Pestisida Di Desa Demangan Ponorogo”.

Besar harapan atas dilaksanakannya kegiatan seminar ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang ada di Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. [ M. Nur Kholis ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *