LPPM UNIDA Gontor Akan Menyelenggarakan Workshop Scopus

LPPM UNIDA Gontor Akan Menyelenggarakan Workshop Scopus

Siman-Perkembangan dunia riset ilmiah sangatlah cepat. Riset itu kemudian dipublikasikan dalam berbagai bentuk, salah satunya jurnal. Hingga abad 20, sangat banyak riset ilmiah yang dilakukan dan dipublikasikan. Sehingga dibutuhkan satu wadah (database) yang mencakup fenomena-fenomena ilmiah yang pernah diteliti oleh berbagai tim riset dari seluruh dunia. Pusat data tersebut berguna untuk melihat apa yang sudah diteliti dan untuk mengetahui kontribusi dari penelitian yang sedang kita kerjakan di antara literatur ilmiah yang sudah ada. Atau dengan kata lain, melihat sejauh mana kontribusi ilmiah yang bisa ditawarkan kepada jurnal agar mau mempublikasikan hasil karya kita.

Salah satu entitas yang paling dikenal oleh para peneliti dunia adalah Scopus. Dimiliki oleh Elsevier, salah satu penerbit utama dunia. Scopus merupakan sebuah pusat data terbesar di dunia yang mencakup puluhan juta literatur ilmiah yang terbit sejak puluhan tahun yang lalu sampai saat ini. Bahkan, walau jumlahnya tidak signifikan, ada beberapa literatur dalam pusat data Scopus yang sudah diterbitkan sebelum terjadi Perang Dunia II. Fungsi utama Scopus adalah membuat indeks literatur ilmiah untuk memberikan informasi yang akurat mengenai metadata masing-masing artikel ilmiah secara individual, termasuk di dalamnya adalah data publikasi, abstrak, referensi, dll.

Di samping itu, Scopus juga memberikan data agregat untuk menunjukkan tingkat pengaruh suatu jurnal (journal impact) atau institusi (institutional impact) dalam dunia publikasi ilmiah. Data ini  berdasarkan hubungan sitasi dari dan ke artikel-artikel yang diterbitkan oleh sebuah jurnal, atau dipublikasikan oleh peneliti-peneliti dari suatu institusi. Maka, pengguna Scopus dengan mudah mendapatkan informasi mengenai apa yang sudah dipublikasikan oleh penerbit-penerbit atau lembaga-lembaga riset dari seluruh dunia; dan kemana sebaiknya sebuah karya ilmiah dipublikasikan.

Berdasarkan itu, Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengadakan workshop dengan tema “A Smart Way to Publish in Hight Impact Journal” yang akan dilaksanakan pada 7-8 Mei 2016. Seminar yang bertempat di Hall CIOS UNIDA ini akan mengundang narasumber dari Research ISRA-Bank Negara Malaysia; Dewan Editor dan Reviewer Jurnal Terindeks SCOPUS, Bapak Akhmad Affandi Mahfudz, PhD.

Adapun detail tema yang akan disampaikan narasumber yang juga masih alumni Pondok Modern Darussalam Gontor ini adalah; Preamble Journal Classification and Index, Introduction to a Hight Impact Factor, Welcome to Scholarly Publishing, dan Research Writing Skill. Ini untuk agenda pada hari pertama. Sementara pada hari kedua, akan disampaikan tentang; Review Process in SCOPUS Journal, How to Apply Writing Skill, How to Submit a Manuscript, How to Write the Best Abstract.

Workshop ini sangat diperuntukkan bagi seluruh peneliti, khususnya mahasiswa S3 dan dosen. Nantinya, setelah workshop mereka diharapkan mampu menulis sebuah artikel ilmiah terbaik yang dapat diterbitkan oleh jurnal terindeks Scopus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *