LP3M UNIDA Gontor Siap Mengawal Hak Kekayaan Intelektual Dosen

LP3M UNIDA Gontor Siap Mengawal Hak Kekayaan Intelektual Dosen

Hak kekayaan intelektual (HKI) atau Intellectual Property Right merupakan hasil olah fikir atau kreatifitas manusia yang menghasilkan suatu ciptaan di bidang seni, sastra ilmu pengetahuan, serta teknologi di dalamnya. Terdapat 4 (empat) jenis utama dari HKI, yaitu: Hak Cipta (copyright), paten (patent), merk dagang (trademark), dan rahasia dagang (trade secret) Saat ini, perlindungan HKI memegang peranan yang sangat penting dalam perdagangan internasional.

Globalisasi ditandai dengan pentingnya peranan daya saing dan keunggulan dari suatu produk. Rendahnya kualitas dan kuantitas KI dapat disebabkan karena rendahnya kualitas penelitian serta pengetahuan terhadap KI itu sendiri. Hal ini menuntut peneliti untuk mampu meningkatkan kualitas penelitian, terutama penelitian yang outcome berupa KI. Sehingga diperlukan upaya peningkatan pemahaman kepada peneliti tarhadap KI serta strategi penyusunan dokumen KI terutama paten.

Sebagai upaya mendorong geliat penelitian di lingkungan UNIDA Gontor yang outcome – nya berupa KI, UNIDA Gontor telah ambil bagian dalam acara “Patent Drafting Workshop” pada tanggal 9 – 10 November 2015 bertempat di Fave Hotel, Bogor. Acara ini dihadiri berbagai institusi, diantaranya adalah pemerintahan (BAPEDA, P3TKEBTKE KESDM), institusi BUMN (PLN), litbang (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Pusat Penelitian Kelapa Sawit), perguruan tinggi (Universitas Darussalam Gontor, Universitas Telkom, Universitas Lambung amangkurat, Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Del, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Ciputra, Universitas Wiraja, Universitas Atma Jaya, Politeknik Negri Bengkalis), serta berbagai intitusi lainnya.

Workshop yang berlangsung selama 2 hari tersebut bertujuan untuk meningkatkan semangat berinovasi dan berkreasi bagi peneliti untuk menghasilkan invensi/teknologi yang bermanfaat dan bernilai komersiil, menumbuhkan kesadaran pentingnya perlindungan Kekayaan Intelektual (KI) khususnya paten, meningkatakan kemampuan dalam menyususn dokumen paten.

Materi yang diberikan dalam Patent Drafting Workshop adalah 1. Pengantar KI dan pemanfaatannya; 2. Patentabilitas dan Identifikasi Invensi; 3. Penelusuran dokumen paten; 4. Teknik Penulisan Dokumen KI; 5. Prosedur Pendaftran Paten dan Aspek-Aspek Terkait Lainnya; 6. Dari Lab Menuju Pasar : Suscces Story Pemanfaatan Paten; 7. Studi kasus KI; 8. Studi Kasus Bidang Mekanik, Kimia, dan Biologi.

Selanjutnya, sebagai tindak lanjut dari workshop ini maka UNIDA Gontor diharapkan segera mengadakan workshop HKI terhadap dosen-dosen UNIDA Gontor untuk peningkatan kualitas penelitian dosen yang outcome – nya KI, menjalin kerjasama dengan pusat inovasi LIPI, menginisiasi pembentukan sentra HKI yang ada di LP3M UNIDA Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *