LP3M UNIDA Gontor Adakan Workshop dan Klinik Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

Universitas Darussalam Gontor bercita-cita mewujudkan terdesentralisasinya penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk membangun sumberdaya manusia yang berbasis IPTEKS dan nilai-nilai Islam. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut harus di dukung dengan kegiatan-kegiatan ilmiah yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat bagi aktivitas akademik di lingkungan Universitas Darussalam Gontor. Parameter yang dinilai diantaranya adalah jumlah dan kualitas penelitian serta pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh Universitas Darussalam Gontor, terutama yang berhasil bersaing secara kompetitif dan didanai oleh DIKTI.

Aktivitas akademika Universitas Darussalam Gontor merupakan sumber daya yang dipandang oleh masyarakat memiliki kemampuan yang lebih karena kapasitasnya yang berada di dalam lingkungan Pesantren. Untuk itu perlu kiranya aktivitas akademik yang ada di lingkungan Universitas Darussalam Gontor mampu mengaktualisasikan kompetensinya dan keahlian yang dimiliki dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Lebih jauh lagi akademisi harus mampu untuk menulis hasil penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut dalam media publikasi baik dalam bentuk seminar, lokakarya, jurnal ilmiah yang bertaraf nasional, regional, maupun internasional. Dengan ini diharapkan hasil karya aktivitas akademik di lingkungan Universitas Darussalam Gontor dapat memberikan kontribusi yang positif dalam membantu menyelesaikan permasalahan bangsa.

Workshop yang diselenggarakan pada tanggal 21 November 2016 di aula CIOS Universitas Darussalam Gontor.yang lalu bertujan untuk: Memberikan pengetahuan bagi para peneliti yang belum berpengalaman dalam menyusun proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat; mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat; membangun roadmap penelitian dan pengabdian pada masyarakat berdasarkan keilmuan; mendorong dan meningkatkan jumlah proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan mendorong untuk melaksanakan publikasi hasil riset dan pengabdian pada masyarakat. Peserta yang hadir pada workshop tersebut adalah mereka yang telah menulis proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kemudian akan diseleksi untuk memperoleh dana penelitian dan pengabdian masyarakat dari UNIDA Gontor.

Agenda workshop yang meliputu: Dasar-dasar penyusunan proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat; Jenis-jenis penelitian dan pengabdian pada masyaraat serta sumber pendanaan; Penulisan atau penyusunan proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat; Penyusunan laporan keuangan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat; Kiat-kiat penyusunan proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang lolos seleksi tahap 1; Presentasi saat desk evaluation bagi proposal yang lolos seleksi tahap 1, mampu menarik antusias peserta workshop. Hal itu sangat kentara pada saat memasuki sesi klinik proposal yang dipandu oleh Dr. Fajar Pramono, M.Si. dan Dr. Suminah Anatanyu, M.Si sebab pada sesi ini peserta memperoleh masukan langsung dari para fasilitator terkait dengan proposal yang telah dibuat.

Kedepan, workshop dan klinik tersebut diharapkan mampu memberikan manfaat dan kontribusi yang baik dalam aktivitas penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan UNIDA Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *