LP3M Tingkatkan Kualitas Jurnal Ilmiah UNIDA Gontor Menuju Jurnal Terakreditasi

LP3M Tingkatkan Kualitas Jurnal Ilmiah UNIDA Gontor Menuju Jurnal Terakreditasi

Salah satu alasan diterbitkannya jurnal dalam sebuah universitas adalah untuk meningkatkan produktivitas publikasi ilmiah dosen. Lebih kurang, terdapat 10 jurnal yang telah diterbitkan oleh prodi dan atau fakultas dalam Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Penerbitan jurnal dalam lingkungan UNIDA Gontor diharapkan tidak sekedar sebagai jurnal yang “asal terbit dan rutin” saja, tetapi juga menjadi jurnal ilmiah yang bereputasi nasional dan internasional. Beberapa jurnal di UNIDA Gontor bahkan sudah terbit dengan menggunakan sistem Online Journal System (OJS).

Untuk itu Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UNIDA Gontor merasa perlu mengawal jurnal-jurnal yang terbit dalam UNIDA Gontor menuju jurnal terakreditasi, baik yang berbasis fisik (cetak) maupun berbasis elektronik. Upaya pengawalan tersebut dimulai dengan keikutsertaaan Dr. Jarman Aroisi, M.Ag. dalam acara Penataran Lokakarya Nasional Pengelolaan dan Penyuntingan Jurnal Ilmiah. Acara ini digelar untuk membantu pengelola jurnal menghadapi akreditasi jurnal tahun 2017 yang sudah harus memenuhi persyaratan akreditasi secara online sesuai dengan Peraturan Dirjen Dikti Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Kareditasi Terbitan Berkala Ilmiah. Dengan diadakan Penloknas ini diharapkan pengelola dan penyunting jurnal dapat meningkatkan mutu jurnalnya menurut rambu-rambu akreditasi yang berlaku.

Acara yang digelar sejak tanggal 2 November 2016 hingga 5 November 2016 di Klub Bunga Butik Resort Batu ini bertujuan untuk meningkatkan kemempuan peserta dalam mengelola dan menyunting jurnal ilmiah. Materi yang diberikan dalam Penloknas tersebut meliputi: Kebijakan Penerbitan dan Akreditasi Jurnal; Mekanisme dan Teknik Penyuntingan ArtikelJurnal Berbasis Pengolahan Kata; Penelaahan Isi / Substansi Artikel Jurnal; Penyuntingan Format; Bahasa dan Tata Tulis Artikel Jurnal; Pemanfaatan IT Untuk Penunjang Butir-butir Akreditasi; Manajemen OJS; dan Indexing E-Journal dan Instalasi Statistik; serta Klinik Pengelolaan dan Penyuntingan Jurnal.

Penloknas yang dihadiri oleh pengelola jurnal dari perguruan tinggi, Balitbang atau lembaga lain dari seluruh Indonesia ini dipandu oleh 7 fasilitator yang berkompeten dibidang penerbitan jurnal ilmiah, diantaranya adalah Prof. H. Ali Saukah, M.A., Ph.D. (evaluator dalam akreditasi jurnal nasional); Prof. H. Effendy, Ph.D. (Dosen FMIPA dan Pascasarjana UM, penulis puluhan artikel dalam jurnal internasional pada bidang kimia / kristalografi, terpilih menjadi Internasional Scientist of the Year 2003); Drs. Margono, M.Pd., M.Si. (dosen FIS UM, penulis buku / artikel, penyunting pelaksana jurnal nasional terakreditasi); Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd. (dosen FS dan Pascasarjana UM, penulis buku / artikel, penyunting pelaksana 2 jurnal nasional terakreditasi); Dr. Hakkun Elmunsyah, M.T. (Ketua Tim Pengembang EJournal UM); Aji Prasetya Wibawa, S.T., M.MT., Ph.D. (anggota Tim Pengembang E-Journal UM); Prof. Dr. Subandi (Ketua penyunting jurnal nasional, mitra bebestari bebberapa jurnal).

Dr. Jarman Aroisi, M.AG., Ketua Bidang Publikasi LP3M UNIDA Gontor sekaligus perwakilan dari UNIDA Gontor yang turut ambil bagian dalam acara ini berharap, keikutsertaannya dalam Penloknas ini dapat memberikan manfaat dan berkontribusi dalam mengawal perjalanan akreditsi jurnal dalam lingkungan UNIDA Gontor sehingga dapat menjadi jurnal ilmiah bertaraf nasional dan internasional.[]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *