Lokakarya Literasi Jurnal: Tingkatkan Kualitas Jurnal

Lokakarya Literasi Jurnal: Tingkatkan Kualitas Jurnal

Dalam menghadapi perkembangan dan peningkatan kualitas jurnal, Rumah Jurnal UNIDA Gontor mengadakan Lokakarya Literasi Jurnal pada tanggal 17 Maret 2020 di Hall Hotel UNIDA Inn. Kegiatan ini telah dilaksanakan serta diikuti oleh utusan dari seluruh program studi yang terdapat di Universitas Darussalam Gontor. Adapun, kegitan ini merupakan salah satu agenda rutin tahunan yang wajib diadakan sebagai bentuk dukungan dan pengawasan dalam peningkatan kualitas jurnal program studi, khususnya dalam menghadapi akreditasi jurnal terindeks.

Kesempatan ini dihadiri oleh Bapak Andista Chandra Yusro, M. Pd. dan  Mochammad Tanzil Multazam, M.Kn. Dimana beliau berdua menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut. Selain itu, turut hadir juga al-Ustadz Sujiat Zubaidi Saleh, M.A. selaku Kepala Rumah Jurnal UNIDA Gontor yang memberikan sambutan, sekaligus membuka kegiatan Lokakarya Literasi Jurnal ini. Pada kesempatan tersebut beliau banyak menceritakan bagaimana perkembangan sejarah jurnal di UNIDA Gontor, khususnya terkait Jurnal Tsaqafah dalam menghadapi berbagai penilaian kualitas jurnal.

Beliau juga menegaskan kepada peserta lokakarya agar selalu berupaya dalam peningkatan akreditasi jurnal. Beliau menyatakan bahwa kita perlu meningkatkan reputasi jurnal. Menurut beliau, jurnal yang telah terakreditasi akan memiliki nilai baik di mata pribadi maupun di mata institusi yang lain.

Kegiatan ini dihadiri oleh masing-masing pengelola jurnal dari tiap-tiap program studi, dimana keseluruhan berjumlah sekitar 40 orang peserta. Harapanya, kegitan ini dapat dilaksanakan lagi dengan program yang lebih intensif. Sehingga, mampu memberikan dampak yang positif dalam peningkatan mutu jurnal maupun tulisan ilmiah. [Pen:M. Maulidin Baharsyah/Ed:Muhamad Fikrul Umam]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *