Biro Administrasi Akademik dan Kemehasiswaan (BAAK)

Biro ini adalah salah satu biro di UNIDA Gontor yang tugas utamanya mengkoordinir dan mengelola administrasi yang berkaitan dengan semua kegiatan akademik. Kegiatannya meliputi pengaturan jadwal perkuliahan, pelaksanaan ujian-ujian termasuk ujian skripsi, komprehensif dan bahasa, serta pendataan nilai mereka. Biro ini bekerjasama dengan Biro Administrasi Penunjang Akademik untuk memperoleh hasil penilaian tambahan dari prestasi mahasiswa dalam aspek intelektual dan mental spiritual. Untuk memacu kinerjanya, BAAK mengaplikasikan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang terintegrasi dengan sistem-sistem lainnya di dalam kampus semisal sistem pembayaran, perpustakaan, pembimbingan mahasiswa, dan lain sebagainya.

Biro Administrasi Penunjang Akademik (BAPAK)

Biro ini bertanggungjawab atas pengaturan berbagai aktivitas mahasiswa di luar kegiatan akademik. Meski demikian, kegiatan non akademik ini mendukung pengembangan kualitas akademik mahasiswa, sebab pengembangan kualitas mahasiswa secara menyeluruh tidak hanya terbatas pada kegiatan akademik dalam kelas. (Keterangan lebih lanjut tentang program dan kegiatan biro ini, baca bab Perguruan Tinggi Pesantren, halaman….)

Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK)

BAUK adalah biro yang mengurus semua hal yang berhubungan dengan administrasi universitas secara umum yang mencakup administrasi keuangan, administrasi peningkatan sumber daya manusia, sarana dan prasarana. Untuk administrasi universitas secara umum, biro ini membantu seluruh Prodi dalam mengurus akreditasi dan hal-hal yang berkaitan dengan itu. Pengurusan kepangkatan dan sertifikasi dosen juga menjadi salah satu domain dari biro ini. Lebih dari itu, BAUK memiliki beberapa bagian untuk membantu kinerjanya. Di antaranya adalah: Bagian Umum dan Personalia, Sarana dan Prasarana, Keuangan, Pusat Bisnis, Pengelolaan Aset, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Laziswaf.

Lembaga Penjaminan Mutu

Lembaga Penjaminan Mutu meiliki tugas utama merencanakan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu untuk semua kegiatan dari tingkat universitas, fakultas, hingga program-program studi. Lembaga ini memiliki wewenang untuk memonitor pelaksanaan sistem akademik dengan mengaudit sistem internal dan mengevaluasi sistem akademik dan manajerial.

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM)

Lembaga ini tidak hanya berfungsi sebagai sayap UNIDA Gontor untuk menangani pengabdian dan pengembangan masyarakat, tapi juga merupakan bagian yang berperan penting dalam melatih mahasiswa untuk belajar bagaimana berperan di masyarakat, bahkan juga meningkatkan kualifikasi dan profesionalisme dosen. Pengabdian dan pengembangan masyarakat dibagi berdasarkan kelompok keilmuan setiap Prodi yang ada di UNIDA Gontor. Kegiatan pengabdian tersebut juga dikembangkan dengan berbasis Participatory Action Research. Selain kegiatan-kegiatan tersebut, LPM juga melaksanakan program pengabdian masyarakat dalam skala yang lebih luas, di antaranya adalah Kuliah Kerja Nyata, bakti sosial, pembimbingan jama’ah haji melalui KBIH UNIDA Gontor yang telah mendapatkan akreditasi A dari Kementerian Agama RI sejak tahun 2009, pengajian Ahad pagi untuk masyarakat sekitar, dan kegiatan-kegiatan sosial keagamaan lainnya.

Lembaga Penelitian dan Publikasi

Lembaga ini bertanggun jawab mengembangkan kemampuan ilmiah seluruh civitas akademika. Ia dibentuk sebagai pelaksanaan salah satu dari tri darma perguruan tinggi. Tugas utamanya adalah mengadakan program penelitian, konferensi, dan seminar untuk para dosen dan mahasiswa. Selain itu, lembaga ini juga berperan sebagai badan yang memotivasi dan memfasilitasi publikasi kerja-kerja ilmiah dan kreatif para dosen di UNIDA Gontor. Kerja kreatif itu terdiri dari penyusunan buku daras, buku-buku penelitian ilmiah, buku tentang isu-isu kontemporer, dan lain sebagainya. Untuk memperlancar tugasnya, lembaga ini memiliki tiga bagian: Bagian Penelitian, Darussalam University Press, dan Bagian Jurnal Universitas yang telah berhasil melahirkan Jurnal Tsaqafah yang terakreditasi secara nasional.

Biro Alumni dan Kerjasama

Alumni UNIDA Gontor akan terus dimonitor dan dikawal oleh universitas melalui biro ini. Hal ini penting dilakukan untuk memperoleh feedback dari alumni dan mendapatkan gambaran outcome sebagai bahan untuk mengevaluasi program-program universitas. Lebih dari itu, biro ini juga bertanggung jawab menjalin dan memperluas kerjasama UNIDA Gontor dengan berbagai pihak. Untuk itu, biro ini memiliki dua unit: Unit Kerjasama Dalam Negeri dan Unit Kerjasama Luar Negeri.

Biro Hubungan Masyarakat

Biro ini berfungsi sebagai penyambung lidah antara universitas dengan stakeholder-nya, baik internal maupun eksternal. Segala kebijakan dan program-program kampus disosialisasikan oleh biro ini. Sebagai “corong” universitas, biro ini membawahi beberapa unit, di antaranya adalah: Pusat Sistem Informasi dan Multimedia (termasuk di dalamnya adalah website UNIDA Gontor), Radio Suara Gontor FM Studio UNIDA, dan TV Gontor Studio UNIDA.

Departemen Perpustakaan

Tidak perlu diragukan lagi bahwa perpustakaan adalah tulang punggung lembaga Perguruan Tinggi. Perpustakaan yang baik adalah prasyarat wajib bagi kegiatan intelektual di kampus. Karena itu, bagian perpustakaan UNIDA Gontor telah berupaya mengoleksi berbagai karya referensi dan buku-buku khusus dalam berbagai bidang dan bahasa (Indonesia, Arab, dan Inggris). Bagian ini dikendalikan oleh dua orang pustakawan, masing-masing memiliki gelar MLS (Master of Library Science) dari Punjab University, Lahore, Pakistan. Agar dapat mengakses koleksinya dengan mudah, perpustakaan telah dilengkapi program LASer (Library Automation Service).

Pusat Pengembangan Bahasa

Tugas utama Pusat Pengembangan Bahasa adalah untuk memaksimalkan dan memberdayakan sumber daya yang ada untuk membantu mahasiswa dalam menguasai bahasa Arab dan Inggris, dua bahasa utama ilmu pengetahuan dan peradaban. Di antara program kegiatannya adalah: kursus bahasa Arab setiap setelah shalat dzuhur di kelas, kursus bahasa Inggris setiap pagi di laboratorium bahasa, diskusi ilmiah dalam bahasa Arab dan Inggris pada setiap pagi hari Selasa di Masjid Jami’, kuliah tujuh menit setiap setelah shalat maghrib dengan bahasa Arab dan Inggris. Pusat Pengembangan Bahasa UNIDA Gontor juga secara rutin melaksanakan program pembelajaran bahasa Arab selama dua hingga tiga bulan yang diikuti oleh mahasiswa asing; dari Universiti Sains Islam Malaysia, Kolej Universiti Islam Selangor, Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia, dan mahasiswa dari Turki dan Perancis.