Kaligrafer Internasional: Indonesia teraktif dalam ijazah khat, diikuti kemudian oleh negara…

Kaligrafer Internasional: Indonesia teraktif dalam ijazah khat, diikuti kemudian oleh negara…

Syekh Belaid Hamidi mengadakan kunjungan ke Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor , pada selasa Pagi, 15 Januari 2019 didampingi oleh Muhammad Nur, Lc Pendiri Markaz Khat Pondok Modern Darussalam Gontor

Kunjungan kali ini membicarakan  tentang keutamaan dan pembelajaran khat dengan metode dengan sistem Ijazah yang sudah berjalan pembelajarannya di Markaz Khat Pondok Modern Darussalam  Gontor dan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor,  penyebaran di Indonesia dan di berbagai Negara di Dunia, perlombaan khat dalam taraf Internasional.

“Indonesia adalah salah satu negara teraktif dalam penyebaran khat dengan sistem ijazah. Diikuti kemudian oleh Singapura,” papar beliau dalam silaturahim dengan Rektor UNIDA Gontor Prof Dr KH Amal Fathullah Zarkasyi

Pertemuan Syekh Belaid Hamidi dengan Rektor dan Wakil Rektor UNIDA Gontor

Syekh Belaid Hamidi mengatakan “Al-Khattu Makhfiyyun fi Ta’limil Ustadz” yang menjelaskan bahwa pembelajaran Al-Khat harus melalui guru. Syekh Belaid Hamidi juga mengungkapkan bahwa selain Allah memerintahkan untuk membaca (Iqra), Allah juga mengajari manusia dengan pena (Alladzi ‘allama bil qolam). Dengan cara menulis ayat-ayat Allah dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam hingga merasuk ke hati.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga memberi motivasi kepada Mahasiswa UNIDA Gontor untuk terus mendalami khat, karena hal tersebut merupakan kekayaan peradaban Islam. Motivasi beliau dapat dilihat dalam video berikut:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *