Kunjungan PKU IX Gontor di MUI Jawa Timur

Sebuah kesyukuran yang sangat mendalam bagi para peserta Program Kaderisasi Ulama  (PKU) Gontor bisa bersilaturahmi dengan para pengurus dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)) Jawa Timur yang berada di kota Surabaya dan lebih lagi para peserta bisa bertatap muka langsung dengan bapak Abdussamad Bukhari yang mana beliau menjabat sebagai Ketua Umum MUI Jawa Timur. Banyak pembahasan-pembahasan yang beliau sampaikan terkait dengan permasalahan umat yang terjadi saat ini. Baik dari permasalahan yang ringan hingga permasalahan yang tidak mudah dalam menemukan penyelesaiannya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) merupakan lembaga yang dibentuk sebagai wadah komunikasi antar komponen umat islam dan tokoh-tokoh islam. Didirikannya lembaga ini mempunya banyak tujuan seperti melindungi umat dari aliran, faham, dan pemikiran yang menyimpang; membentengi umat dari produk pangan yang tidak jelas kehalallannya; membentengi umat dari praktik ekonomi yang bertentangan dengan syariat islam; serta membentengi masyarakat atau umat dari kemerosotan moral maupun akhlaq.

Pada pertemuan ini pihak MUI Jawa Timur dan peserta PKU Gontor juga berdiskusi mengenai hal yang sedang menjadi perbincangan masyarakat saat ini, yaitu membahas tentang Gerakan Fajar Nusantara  (GAFATAR), perihal yang sangat menarik untuk di perbincangkan dengan melihat kondisi Negara Indonesia khususnya umat islam saat ini. Hal tersebut dikupas tuntas oleh H. A. Rachman Aziz yang mana beliau menjabat sebagai ketua MUI unutuk wilayah Jawa Timur.

Berada di kantor MUI Jawa Timur, para peserta PKU Gontor merasa bahwa pengetahuan yang mereka miliki belum cukup untuk menanggapi permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat saat ini. Maka daripada itu kita harus lebih giat lagi dalam menimba ilmu kita, tidak ada rasa puas dalam mencari ilmu, mengingat bahwa manusia tidak memiliki sifat yang sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *