Kuliah Umum Studi Islam dalam Hubungan Internasional

Kuliah Umum Studi Islam dalam Hubungan Internasional

Studi Hubungan Internasional adalah studi yang dinamis, yang terus tumbuh dan berkembang dengan penyesuaian-penyesuaian seiring dinamika internasional. Hubungan Internasional sebagai disiplin yang paling diharapkan mampu menghadapi persoalan global yang kian kompleks. Disamping itu HI dituntut bergerak semakin interdisipliner, semakin meningkatkan peran dalam jembatan kolaborasi lintas disiplin ilmu-ilmu sosial berperspektif global. Fokus studi Hubungan Internasional tidak hanya pada persoalan politik, ekonomi dan keamananan saja. Memasuki era globalisasi, lingkup kajian Hubungan Internasional menjadi semakin luas, mencakup masalah lingkungan, terorisme dan human security.

Menjawab semua permasalahan tersebut, Prodi Hubungan Internasional Fakultas HUmaniora Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor mengadakan seminar dengan tema “Kuliah Umum Studi Islam dalam Hubungan Internasional”. Acara yang diadakan pada hari Ahad 13 September 2015 ini, menghadirkan Dr. Surwandono, M.Si. sebagai narasumber.

Dalam seminar ini dijelaskan tentang perspektif atau pandangan Islam melihat Hubungan Internasional yang selama ini kita kaitkan dengan perspektif Barat. Disamping itu kuliah umum ini juga menanggapi tentang hokum internasional dan kaitannya dengan wafa’ bil ahdi.

Acara yang diadakan di Aula CIOS UNIDA Gontor ini dihadiri oleh 78 mahasiswa dan 7 dosen. Antusiasme audience dengan kuliah umum tentang studi Islam dalam Hubungan Internasional ini begitu tinggi. Ini semua bisa dilihat dari pertanyaan-pertanyaan dan tanggapan mahasiswa yang sangat berbobot dan relevansinya dengan pembahasan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *