Komunitas Blogger UNIDA Gontor Adakan Seminar dan Workshop Technopreneur

PONOROGO – Sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi telah menjadikan internet sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh adanya koneksi internet telah berhasil memutus batas jarak antara produsen dan konsumen. Sepanjang pergantian zaman kini, jual-beli sudah tidak lagi dilakukan secara tradisional seperti dahulu  dimana penjual dan pembeli bertemu di tempat yang sama. Namun dengan adanya internet, jual beli masih tetap dapat dilakukan walaupun terpisah jarak yang jauh, tanpa adanya tatap-muka antara penjual dan pembeli. Teknologi juga merubah pola hidup manusia kehadiran handphne pintar atau orang menyebutnya smartphone kini mengalihkan produktifitas kehidupan manusia dimana yang dulunya merupakan kebutuhan sekunder mungkin sekarang sudah menjadi kebutuhan primer yang mana manusia tidak bisa terlepas dari yang namanya smartphone, dengan tawaran ribuan aplikasi sosial, bisnis dan hiburan.

Blogger UNIDA, salah satu wadah komunitas bagi para mahasiswa yang bergerak pada bidang menulis serta blogging, mencoba untuk mengakomodasi fenomena ini dengan melaksanakan seminar dan workshop mengenai Technopreneur. Seminar bertajuk “Be The One Technopreneur : Optimazing Internet, Maximazing Benafit” ini diadakan pada hari Kamis (28/01/16), bertempat di Gedung CIOS UNIDA. Seminar diadakan sejak pukul 08.30-11.30, dan dilanjutkan pada malam harinya dengan tema yang sama pada pukul 20.30-23.00. Acara dibuka oleh Etsa Buyung Saputra selaku ketua acara dan Ady Fauzan selaku Ketua Blogger UNIDA. Peserta seminar dan workshop yang digelar atas kerja sama Komunitas Blogger UNIDA ini berjumlah 150 Orang. Kondisi begitu luar biasa ketika acara dimulai. Satu hal  penting yang disampaikan dari pembicara, untuk memulai usaha, kita harus punya niat, Visi dan Misi,  “ Visi tanpa aksi adalah impian, Aksi tanpa Visi hanya waktu berlalu. Dan Visi dengan Aksi itu dapat mengubah dunia.

Technopreneur sendiri merupakan suatu ranah dalam mengembangkan suatu usaha dengan inovasi-inovasi di bidang teknologi. Indonesia sebagai negara berkembang perlu bertahap dalam memperkenalkan inovasi teknologi tersebut kepada masyarakatnya, misalnya melalui teknologi tepat guna. Seminar ini diproyeksikan untuk memberikan pengenalan kepada mahasiswa mengenai technopreneurship sekaligus bagaimana menjadi entrepreneur yang sukses dan memotivasi generasi muda menjadi seorang teknopreneur serta memberikan wahana dan kesempatan bagi para peserta seminar untuk membahas mengenai Technopreneurship sekaligus memberikan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai hal tersebut sehingga mereka dapat menyerap dan mengaplikasikan pengetahuan mengenai Technopreneurship yang didapatkan dari seminar. Seminar ini menghadirkan dua orang pembicara, Kharisman Saifullah, M.Med.Kom (Co-Founder dan CEO PT. Musil Multimedia) beliau juga alumni KMI Gontor 2008, Rudi Najar, S.Kom (Founder ID Konsul Indonesia dan Pakar SEO).

Kharisman Saifullah, M.Med.Kom sosok alumni KMI PM Gontor 2008 yang turut menginspirasi para peserta dengan menyampaikan topik tentang bagaimana memulai karirnya di bidang teknopreneur secara bertahap hingga kini mempunyai PT sendiri di bidang tersebut. Beliaun juga menekankan untuk tegas dan jelas dalam menjalankan segala rencana kerja usaha terutama sebelum benar-benar merealisasikannya.

Pelatihan dan  workshop berlangsung selama dua hari pada hari Jum’at dan Sabtu yang dibagi menjadi tiga sesi  pada, sesi pertama dilaksanakan pada Jum’at (29/01/16),  pukul 13.30-16.00 yang diberikan oleh Kharisman Saifullah, M.Med.Kom dengan peserta terbatas yaitu 50 orang. Pada sesi pertama ini peserta diberikan ilmu mengenai cara untuk membuat website sendiri dengan menggunakan domain gratis, serta cara mendesain website yang baik mulai dari segi warna, peletakan, hingga jenis font yang digunakan. Dilanjutkan pada sesi kedua Sabtu (30/01/16) pukul 07.30-11.30, dengan pembahasan Optimasi Pencarian di Google dan Trik Tips SEO yang dibawakan langsung oleh pakarnya Rudi Najar, S.Kom. Dan pada sesi terahir dilaksanakan pada malam hari pukul 20.30-22.00 dengan membuka sesi tanya jawab dengan pembicara dan talkshow. Rangkaian acara seminar dan workshop ini diakhiri dengan semangat dan antusias para peserta seminar dan penyerahan kenang-kenagan oleh ketua acara kepada kedua pembicara serta berfoto bersama. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *