Fakultas Tarbiyah Adakan Pelatihan Penulisan Proposal Skripsi

Fakultas Tarbiyah Adakan Pelatihan Penulisan Proposal Skripsi

Pada hari Jumat, tanggal 6 April 2018 Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor mengadakan klinik pelatihan penulisan proposal skripsi bagi mahasiswa PAI dan PBA semester 6. Pelatihan ini diadakan sebagai bentuk nyata dalam menyikapi kebijakan Rapat Fungsionaris Fakultas Tarbiyah, yang memberlakukan SK penetapan akhir pengumpulan proposal penulisan skripsi tanggal 20 April 2018 pukul 23.59. Oleh karena itu, setelah acara ini selesai, diharapkan seluruh mahasiswi Prodi PAI dan PBA Fakultas Tarbiyah dapat mengumpulan proposal penulisan skripsi maksimal di tanggal tersebut.

Selain itu, pelatihan ini juga dilaksanakan mengingat masih banyak mahasiswi yang belum menemukan bentuk permasalah yang hendak diselesaikan dalam bentuk penelitian ilmiah karena terbentur dengan berbagai kegiatan, sehingga diharapkan pelatihan ini dapat mempermudah mahasisiwi dalam memilih dan mencari judul yang tepat untuk skripsi yang akan mereka tulis di semester yang akan datang.

Pelatihan ini diikuti oleh seluruh mahasiswi Fakultas tarbiyah yang berjumlah 53 orang. Dengan perincian 22 orang Prodi Pendidikan Bahasa Arab, dan 31 orang Prodi Pendidikan Agama Islam. Pelatihan ini dibimbing oleh empat orang dosen, yaitu Al-Ustadz Moh. Ismail, M.Pd.I dan Al-Ustadz Yoke Suryadarma, M.Pd.I  membimbing Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Al-Ustadz Taufiq Rizki Sista, M.Pd dan Al-Ustadz Saffirudin Al-Baqi, MA membimbing  Prodi Pendiidkan Agama Islam.

Pelatihan terdiri atas dua sesi. Sesi pertama dimulia pukul 8.30 sampai dengan 11.30. dan sesi kedua dimulai pukul 13.30 – 15.00. Adapun teknisnya pelaksanaannya, petama secara garis besar, pembimbing memberikan arahan dan tujuan maksud pelatihan ini, yang diteruskan dengan pengarahan mengenai identifikasi masalah, sistematika penulisan proposal berdasarkan jenis penelitiannya.

Setelah itu,  mahasiswi mengumpulkan proposal yang telah mereka buat, lalu dengan sabar, para dosen pembimbing membaca, memberikan catatan perbaikan dan evaluasi, setelah itu dibahas dan diterangkan satu persatu semua bentuk perbaikan dan kesalahan penulisan secara terbuka kepada semua mahasiswi, agar semuanya paham dan memahami dengan baik. Setelah itu, barulah dosen pembimbing memberikan perbaikan proposal tersebut secara personal kepada pemiliknya,  sehingga dengan demikian, para mahasiswi langsung mengetahui titik kesalahan dan hal-hal yang harus diperbaiki.

Beberapa judul yang diajukan mahasiswi ada yang di tolak dan harus di rubah secara total, dikarenakan belum memiliki permasalahan yang jelas, rumusahan masalah yang belum tepat dengan judul yang diajukan, variabel dan objek penelitian yang terlalu luas, dan masih banyak lainya. Ada juga beberapa judul yang diterima, dengan syarat dengan memperbaiki beberapa redaksi penulisan, sistematika proposal skripsi, merubah objek dan variabel penelitian, rumusan masalah, dan beberapa hal lainya. Namun ada juga beberapa judul yang diajukan langsung diterima dan layak diajukan ke fakultas seperti Dwi Septyowati yang bertemakan, Penerapan strategi Mind Mapping dalam pembelajaran Balaghoh.

Pelatihan berjalan cepat, efektif dan efesien. Mahasisiwi antusisas dan bersemangat untuk mengikuti pelatihan karena pelatihan dirasa menyentuh secara langsung, sehingga dampak yang dirasakan lebih nyata dan terasa sehingga bisa ditindak lanjuti secara langsung, bukan hanya sekedar teori yang mengambang di kepala. Beberapa mahasiswi merasa kekurangan waktu, dan ingin berkonsultasi lebih lanjut, tapi karena waktu yang terbatas, dosen pembimbing akan menerima konsultasi kembali pada hari Ahad tanggal 8 April 2018. (yoke suryadarma/nadia nur iffany)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *