Kemah Bahasa Arab dan Muktamar Nasional ITHLA Ke-4

Kemah Bahasa Arab dan Muktamar Nasional ITHLA Ke-4

Seminar Bahasa Internasional dan Muktamar Nasional ITHLA Ke-4 merupakan ajang silaturahmi mahasiswa dan mahasiswi bahasa arab se-indonesia, yang dimaksud dengan mahasiswa/i bahasa arab adalah mereka yang berada di dalam program studi PBA ( Pendidikan Bahasa Arab ), BSA ( Bahasa dan Sastra Arab Arab ) dan ALIF ( Arabic Literature Focus ). Dibawah naungan ITHLA ( Itihadu Thalabah Al Lughah Al Arabiyyah ) kami semua berkumpul dalam sebuah wadah organisasi berbasis program studi, dimana didalamnya kami dapat bertukar fikiran juga saling mengenal satu sama lain.

Ditahun ke-4 didirikannya ITHLA, ITHLA mengadakan Kemah Bahasa Arab dan Muktamar Nasional yang mana pada tahun ini bertempat di Bandung tepatnya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara ini dihadiri lebih dari 50 instansi, diantaranya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, dan yang lainya, dengan peserta lebih dari 500 orang mewakili seluruh pulau pulau besar dari sabang sampai merauke.

Acara kemah dan muktamar ini berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 27 – 29 November 2015, didalamnya terdapat serangkaian acara yang dikemas secara menarik dan tentunya berkaitan dengan bahasa Arab, seperti Seminar tentang Stylistika bahasa, Harmonisasi Bahasa,dan lain sebagainya. Lain daripada itu didalamnya juga terdapat pentas seni yang menghimpun ragam budaya indonesia yang ditampilkan oleh masing masing kontingen.

UNIDA Gontor yang sejak tahun ke-2 berdirinya ITHLA telah bergabung, pada tahun ini mengirimkan utusannya sebanyak 11 orang mahasiswa dari jurusan PBA ( Pendidikan Bahasa Arab ), mereka adalah Mikael Marasabessy, Azhar Nor, Arfan Khoirun Halim, Saifurrijal, Abdul Ghofur Kubaisy, Magfiroh, Anhar, Ahmad Mukti Baiquni, Subliansyah, Rahmat Ridho, dan Ricky Wirakanda. Dan Alhamdulillah pada muktamar yang ke-4 ini salah satu utusan dari UNIDA ( Mikael Marasabessy ) terpilih sebagai ketua Umum Dewan Pimpinan ITHLA Wilayah Jawa Timur. Harapan kami dari ini semua ialah dapat memberikan konstribusi terhadap kemajuan kampus tercinta UNIDA Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *