UNIDA Gontor- University Of Darussalam- JAZZUNIDA Gontor dikenal luas sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang sejak berdirinya telah menggunakan bahasa Arab dan Inggris sebagai media pengajaran dan komunikasi. Mahasiswa menulis paper dan tugas akhir dengan dua bahasa itu, begitu juga ketika berkomunikasi sehari-hari di dalam kampus. UNIDA Gontor juga menerapkan system asrama penuh, di mana masjid, asrama, ruang kuliah, perpustakaan, perkantoran, sarana olah raga, perumahan dosen, dan fasilitas lainnya terletak di dalam sebuah kampus terintegrasi, yang dengan itu menciptakan suatu lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran dan interaksi antara para mahasiswa dan dosen secara intensif. Sistem asrama yang eksklusif ini benar-benar menjamin penanaman nilai-nilai persaudaraan (ukhuwwah), keikhlasan, kesederhanaan, toleransi, jiwa kemandirian, kepemimpinan, dan lain-lain. Dengan perguruan tinggi bersistem integral inilah UNIDA Gontor didesain untuk merealisasikan visi dan misinya.

Dengan karakteristik di atas, UNIDA Gontor memiliki beberapa pusat keunggulan. Di antaranya adalah:

  • Pusat Pengembangan Bahasa Arab: Di bawah naungan Pondok Modern Darussalam Gontor yang telah mengembangkan pembelajaran bahasa Arab sejak awal berdirinya (tahun 1926), UNIDA Gontor memiliki berbagai macam program pengembangan bahasa Arab. Dengan berbagai program itu, banyak mahasiswa asing yang melaksanakan kursus pembelajaran bahasa Arab di kampus ini, seperti mahasiswa dari Malaysia, Turki, Perancis, dan lain sebagainya.
  • Program Kaderisasi Ulama: Program yang digagas oleh Pondok Modern Darussalam Gontor bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia ini dimulai sejak tahun 2007. Pesertanya adalah utusan dari Majelis Ulama tingkat Kabupaten dan Provinsi, lembaga-lembaga pendidikan dari seluruh Indonesia. Program ini dilaksanakan selama 6 bulan di bawah bimbingan ulama dan intelektual muslim yang ahli dalam bidang aqidah, fiqh, tafsir, hadits, komunikasi, dsb.
  • Centre for Islamic and Occidental Studies: Merupakan pusat studi Islam dan Barat yang menjadi salah satu cikal bakal dari proyek Islamisasi sains di UNIDA Gontor.