Kaprodi PBA Ditunjuk Sebagai Tim Perumus Kurikulum PBA Berbasis KKNI Nasional

Kaprodi PBA Ditunjuk Sebagai Tim Perumus Kurikulum PBA Berbasis KKNI Nasional

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor merupakan bagian dari Ittihad Mudarris al-Lughah al-Arabiyyah (IMLA). Ikatan Pengajar Bahasa Arab Indonesia ini telah terbentuk sejak 9 Desember tahun 1998. Saat ini IMLA dipimpin oleh Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd. untuk masa jabatan 2015-2019.

Sejak IMLA didirikan banyak hal yang telah dilakukan. Pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 22-24 April 2016, IMLA bekerjasama dengan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan Kegiatan Semiloka Nasional Kurikulum Jurusan/Prodi BSA dan PBA di lingkungan PTKI dan PTU. Acara tersebut diselenggarakan di Greensa Inn Jl. Ir. H. Juanda, Sedati, Sidoarjo.

Adapun tema acara besar tersebut yaitu Seminar Nasional dan Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan dan Program Pembelajaran Berbasis KKNI dan SNPT. Acara yang dihadiri oleh ketua prodi PBA dan BSA se-Indonesia tersebut membahas tema-tema penting yang berkaitan dengan pengembangan profil lulusan PBA dan BSA.

Pada acara seminar nasional diisi oleh para pakar bahasa Arab dari beberapa negara. Prof. Dr. Phil. Habil. Eckehard Schuld dari Leipzig Jerman, Dr. Ali Ma’yuf dari Saudi Arabiyah, dan Dr. Muhammad Ali Gharibah dari Libya.

Eckehard Schuld menyampaikan bahwa dalam upaya mengembangkan bahasa Arab mahasiswa saat ini Leipzig telah mendirikan laguage center yang berfungsi untuk mengontrol proses pembelajaran bahasa. Disamping itu Leipzig juga menyusun berbagai textbook sebagai bahan pendukung pembelajaran bahasa arab. Leipzig juga telah mengembangkan program arabic online test yang bisa diakses melalui situs  http://www.test-arabic.com/ dan https://www.modern-standard-arabic.com.

Untuk mengembangkan kemampuan bahasa arab, UIN Sunan Ampel Surabaya membangun CETTA (Center of Excellence in Teaching and Testing of Arabic). CETTA merupakan pusat pengajaran dan tes ahasa arab yang berada di UIN Sunan Ampel Surabaya yang didirikan dengan menjalin kerjasama dengan Th Institute of Oriental Studies (IOS), Leipzig University, Jerman. Pusat bahasa ini nantinya akan menjadi lembaga tes kemampuan bahasa arab berstandar Internasional.

Pada acara semiloka tersebut juga menghasilkan beberapa keputusan bersama terkait pengembangan kurikulum bahasa Arab. Di antara hasil musyawarah ialah membentuk tim dari Asosiasi Prodi PBA yang terdiri dari 11 orang perwakilan setiap universitas. Adapun yang menjadi tim dari UNIDA Gontor adalah Alif Cahya Setiadi, M.A. selaku Kaprodi PBA UNIDA Gontor. Keputusan rapat lainnya adalah menunjuk ketua AP-BSA yaitu Dr. Fadhil Munawir dari UGM Jogjakarta DAN Ketua AP-PBA yaitu KH. Rodhi, M.SI dari UIN Jogyakarta.

Dengan diadakannya acara semiloka diharapkan mampu mempererat persaudaraan asosiasi prodi PBA dan BSA yang ada di Indonesia. Dalam rangka meningkatkan kualitas alumni, IMLA, AP-PBA, dan AP-BSA sedang berupaya untuk mendapatkan izin untuk mengeluarkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)  berstandar Internasional. Dan hasil musyawarah lainnya adalah draft Kurikulum PBA dan BSA berbasis KKNI dan SNPT. Kurikulum ini nantinya akan diterapkan serentak pada tahun ajaran 2017 di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *