7 Kegiatan Kampung Ramadhan UNIDA Gontor (KRU) yang Terbuka untuk Umum

7 Kegiatan Kampung Ramadhan UNIDA Gontor (KRU) yang Terbuka untuk Umum

UNIDA Gontor – Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1440 H serta memeriahkannya Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor kembali menyelenggarakan serangkain kegiatan Kampung Ramadhan UNIDA (KRU).  Tahun ini merupakan tahun ke 5 KRU diseleggarakan dengan mengusung tema “Muliakan Ramadhan Bersama UNIDA Gontor”.

Kegiatan KRU ini akan dilaksanakan dari tanggal 1-23 Ramadhan 1440 H / 6 – 28 Mei 2019 dengan  agenda:

1. Mukrom

Mukrom (Mukim Ramadhan) program ini merupakan kegiatan pelatihan Kilat yang di peruntukkan untuk para peserta yang ingin mengkaji lebih dalam tentang prinsip dasar pemikiran Islam. Kegiatan ini berisikan tiga acara inti yaitu : Tadabbur Tafsir Al-Munir setelah shalat subuh, kajian tentang prinsip dasar keislaman di pagi harinya, dan talaqqi kitab : “Nasoihul ibad” dimalam harinya.

2. Kajian Indah

Kemudian ada program Kajian Ilmiah Mentanti Datangnya Berkah (INDAH) adalah kajian yang diadakan sebelum berbuka puasa yang diisi oleh tokoh-tokoh dan Da’i nasional dan membahas berbagai hal secara mendalam langsung dari sumbernya.

3. Festival Anak Kampung Ramadhan

Fakhru (Festival anak kampung ramadhan) adalah kegiatan perlombaan antar TPQ se-Ponorogo yang di lanjutkan dengan peringatan malam  Nuzulul Qur’an.

4. Arabic Camp

Arabic Camp, program belajar bahasa Arab secara intensif dengan direct method yang menggabungkan kehidupan asrama dan lingkungan pembelajaran yang efektif.

5. English Camp

English Camp, yang merupakan program pembelajaran intensif Bahasa Bahasa Inggris selama 20 hari dengan spesialisasi di skill berbicara dan menulis.

6. Tibbun Nabawi

Bagi yang ingin mengenal dan mempelajari lebih dalam pengobatan yang di lakukan oleh Nabi SAW peserta KRU juga dapat mengikuti program Tibbun Nabawi yang di selegarakan oleh unit kegiatan mahasiswa.

7. Qur’anic Camp

Qur’ani camp diperuntukan bagi segenap masyarkat yang ingin menghafal al-Qur’an dengan target 5 Juz dalam waktu 10 hari. Selain itu, ada Bazar menarik yang akan semakin memeriahkan ramdhan kali ini.

Disamping itu, Panitia juga membuka kesempatan kepada segenap muhsinin yang ingin memberikan donasi terbaiknya untuk buka puasa Kampung Ramadhan UNIDA Gontor dengan pilihan Rp 15.000 / @ porsi, Rp 1.500.000/ @ hari (100 Porsi), Rp. 45.000.000 30 hari. Dengan melakukan transfer via Bank Muamalat 0223 099 195 a/n LAZISWAF ISID Gontor, Bank BRI 1010 632 297 a/n LAZISWAF ISID GONTOR, atau Bank Mandiri Syariah 703 577 1993 a/n LAZISWAF ISID GONTOR setelah itu Konfirmasi ke +62 818 727 404 (Irfan Naufaldi). [H.Wafi]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *