Imigrasi dan UNIDA Gontor Tandatangani MoU, Berikut Intinya

Imigrasi dan UNIDA Gontor Tandatangani MoU, Berikut Intinya

UNIDA Gontor – Imigrasi Kelas III Non TPI Ponorogo menjalin kerjasama dengan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Penandatangan Nota Kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dilakukan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Ponorogo, Hendrya Widjaya, A.Md.Im.S.H. dan Rektor UNIDA Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A yang berlangsung di Ruang Rapat Rektorat Gedung Terpadu UNIDA Gontor pada Kamis, (28/2/2019).

Hadir dalam acara tersebut dari Imigrasi Kelas III Non TPI Ponorogo yaitu Sri Pamungkas Handayani, M.H. (Kepala Urusan Tata Usaha), Aprian Bayu Seta, S.H. (Sub Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Keimigrasian), dan Didik Sugiantoro Wahyudi, S.H. (Kepala Sub Teknologi Informasi, Intelijen, dan Penindakan Keimigrasian). Dari UNIDA Gontor hadir Dr. Setiawan bin Lahuri, Lc. M.A,(Wakil Rektor II), Muhammad Rusydantara, S.H.I, M.H.I (Staff Kerja Sama), beserta jajarannnya.

Nota Kesepahaman (MoU) ini bertujuan untuk mensinergikan potensi sumber daya yang dimiliki dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai tugas dan fungsi para pihak. Bentuk kerja sama mencakup semua aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat serta pelayananan masyarakat.

Kedua pihak yaitu Imigrasi Kelas III Non TPI Ponorogo dan UNIDA Gontor memiliki potensi dan keunggulan masing-masing, serta ada satu kesamaan bahwa keduanya melakukan jihad dalam ranah pengembangan ilmu pengetahuan melalui pendidikan di perguruan tinggi.

Rektor UNIDA Gontor menyambut baik tawaran kerjasama tersebut dan menjelaskan kerjasama yang telah terjalin dengan mitra lembaga nasional selama ini, salah satunya pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dari Bank Indonesia. Oleh karenanya, kerja sama antar lembaga mana pun itu sangat penting dalam hal pendidikan. “MoU ini merupakan hal penting bagi kami khususnya UNIDA Gontor dikarenakan sebagian dari mahasiswa kami berasal dari luar negeri,” ujar Prof. Amal. Kamis, (28/02/2019).

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Ponorogo Hendrya Widjaya menyebutkan MoU ini sebagai komitmen pelayanan keimigrasian terhadap masyarakat sekitar wilayah Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, dan Tulung Agung. Dia pun menyatakan akan bekerja sama dengan UNIDA Gontor untuk mengawal implementasi jaminan kemudahan keimigrasian terhadap mahasiswa maupun santri pondok Gontor.

“Kami siap dengan UNIDA Gontor untuk melakukan kajian terkait implementasi jaminan kemudahan keimigrasian terhadap mahasiswa maupun santri pondok Gontor,” kata Hendrya Widjaya. (Tonny Ilham)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *