Ikuti FGD, Akademisi HI UNIDA Gontor Bentuk INSIERA di UMY

Ikuti FGD, Akademisi HI UNIDA Gontor Bentuk INSIERA di UMY

Yogyakarta – Para akademisi dari tujuh universitas Islam di Indonesia berkumpul pada hari Jum’at, 12 Februari 2016, di ruang Study Hall Magister Ilmu Hubungan Internasional gedung Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk menggagas berdirinya sebuah asosiasi keilmuan yang berfokus pada kajian yang menghubungkan antara studi keislaman dan hubungan internasional.

Melalui teknik kelompok diskusi terarah (Focus Group Discussion), para peserta diskusi bersepakat untuk menamakan asosiasi tersebut dengan nama the Indonesian Islamic Studies and International Relations Association atau Asosiasi Studi Islam dan Hubungan Internasional Indonesia, disingkat INSIERA.

Koordinator INSIERA yang juga merupakan Ketua Program Studi Magister Ilmu Hubungan Internasional UMY, Dr. Surwandono, berharap bahwa INSIERA dapat menjadi organisasi inklusif yang menaungi siapapun yang tertarik dengan studi Islam dan hubungan internasional, dari latar belakang apapun. Ia menegaskan peran INSIERA sebagai asosiasi yang dapat bermanfaat bagi peningkatan kapasitas keilmuan dan keorganisasian bagi para anggotanya.

Dalam kesempatan tersebut, terdapat empat agenda yang didiskusikan oleh para anggota, yakni perihal nama organisasi, legal standing, program kerja dan jaringan. Acara dimulai pukul 09.00 WIB, diselingi sholat jum’at bersama dan diakhiri tepat ketika waktu ashar tiba. Seluruh peserta bersepakat untuk menjadikan INSIERA sebagai pusat keunggulan (center of excellence) bagi pengkajian studi keislaman dalam hubungannya dengan studi hubungan internasional di Indonesia, sekaligus sebagai wadah untuk mendakwahkan nilai-nilai dan perspektif Islam dalam studi hubungan internasional saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *