Ikatan Kaprodi IQT se-Kopertais Wilayah IV Surabaya Menyusun Kurikulum KKNI di UNIDA Gontor

Kurikulum KKNI merupakan syarat mutlak yang harus diikuti di berbagai Perguruan Tinggi se- Indonesia. Demi menyatukan segala hal yang berkaitan dengan KKNI, Kopertais Wilayah IV Surabaya membuat suatu Konsorsium yang menaungi seluruh prodi yang berada di dalam wilayah kerja Kopertais tersebut. Dan salah satu konsorsium yang dibentuk oleh Kopertais Wil. IV adalah Konsorsium IQT. Konsorsium bagi para Kaprodi IQT tersebut tersebut dinamakan dengan HIKMAT (Himpunan Kaprodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir).

Konsorsium IQT merupakan suatu perkumpulan yang di dalamnya terdapat parah ahli IQT yang dalam hal ini diwakili oleh Ka.Prodi masing-masing Perguruan Tinggi Islam yang berada dalam Naungan Kopertais Wilayah IV Surabaya. Sedangkan Prodi IQT yang berada dalam naungan Kopetais Wil. IV adalah Prodi IQT yang ada di dalam Perguruan Tinggi Islam Swasta. Dan IQT Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor termasuk ke dalamnya.

Demi merealisasikan keragaman dan kesamaan dalam pembuatan KKNI yang sesuai dengan yang diharapkan, Konsorsium IQT Kopetais Wil. IV Surabaya mengadakan acara Lokakarya untuk merumuskan KKNI Kaprodi IQT se-Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Acara ini diselenggarakan di UNIDA (Universitas Darussalam) pada tanggal 19 September 2016 dan dihadiri oleh Prodi-Prodi IQT dibawah binaan Kopetais Wil. IV Surabaya yang meliputi daerah Jawa Timur, Madura, Bali, dan NTT. Salah satu agenda utama dalam acara ini adalah menyusun kurikulum untuk kemudian diajukan ke kopertais. Dalam kesempatan ini juga, kaprodi IQT UNIDA ikut serta mempresentasikan beberapa pengalamannya terkait pembuatan kurikulum berbasis KKNI di dalam lingkutan IQT UNIDA Gontor. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini, semakin mempercepat proses penyelesaiain draft kurikulum IQT Kopetais Wil. IV Surabaya dan segara dapat dipergunakan di berbagai institusi maupun Universtias di Wilayah jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *