Idul Fitri ini, UNIDA Gontor Sapa Afrika Selatan dan Kroasia

Idul Fitri ini, UNIDA Gontor Sapa Afrika Selatan dan Kroasia

Pada bulan perayaan Idul Fitri tahun ini, Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) berkesempatan hadir menyapa masyarakat Indonesia dalam shalat Ied di Afrika Selatan dan Kroasia.

Ustadz Dr Imam Kamaluddin, Lc. M.Hum bertindak sebagai imam dan khotib dalam shalat Ied yang diadakan oleh KBRI Pretoria, Afrika Selatan (5/6/2019), sementara Ustadz M. Taufiq Affandi, M.Sc. menyampaikan tausiyah dalam halal bihalal yang diadakan oleh KBRI Zagreb, Kroasia (4/6/2019).

Idul Fitri di kedua negara tersebut memang dilaksanakan pada hari yang berbeda. Lembaga Jamiatul Ulama Afrika Selatan menetapkan Idul Fitri jatuh pada tanggal 5 Juni, sementara itu Mufti Kroasia menetapkannya jatuh pada 4 Juni.

Shalat Ied yang diadakan oleh KBRI Pretoria

Selepas Shalat Ied di Pretoria

Dalam khutbah idul fitrinya, Ustadz Imam mengajak segenap jamaah yang memenuhi halaman Wisma Duta Pretoria, Afrika Selatan, untuk kembali ke Al-Quran dan mengamalkan nilai-nilai qurani, utamanya perdamaian dan akhlakul karimah.

Saat menyampaikan sambutan, Duta Besar RI untuk Afrika Selatan, Bpk Salman Alfarisi menggarisbawahi bahwa dengan Idul Fitri ini maka manusia kembali kepada fitrah; menjadi suci dan bersih.

Sementara itu, di Kroasia, shalat Ied dilaksanakan di Masjid Zagreb. Selepas shalat Ied, masyarakat Indonesia hadir dalam halal bihalal di Wisma Duta Zagreb.

Dalam tausiyah halal bihalal, Ustadz Taufiq menegaskan kembali ajaran sabar dalam puasa, dan memaparkan pelajaran sabar dari kisah Nabi Yusuf yang tertuang dalam Al-Quran.

Duta Besar RI untuk Kroasia, Bpk Sjachroedin Zainal Pagaralam, dalam kesempatan halal bihalal tersebut turut mengundang perwakilan dari Kedutaan Malaysia di Zagreb untuk mempererat tali silaturahim antara kedua negara.

Duta Besar RI untuk Kroasia, Sjachroedin Z. P. bersama mu’allim dari UNIDA Gontor pada halal bihalal.

Kerja sama Kemenlu dan UNIDA Gontor

“Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara UNIDA Gontor dan Kemenlu RI, yang kemudian didukung sepenuhnya oleh KBRI Pretoria dan KBRI Zagreb,” ungkap Ustadz Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, Rektor UNIDA Gontor.

Ustadz Dr Hamid Fahmy Zarkasyi, Wakil Rektor II, menjelaskan bahwa di UNIDA Gontor, pelaksananya adalah Markaz Dakwah Nasional dan Internasional (MADANI), dalam acara yang dibingkai dengan tajuk Safari Dakwah Ramadhan Internasional.

Kegiatan Ramadhan di luar negeri bagi Gontor sudah berlangsung sejak lama, “Biasanya inisiatif datang dari masyarakat Indonesia yang berada di negara tersebut,” tutur Ustadz Hamid yang tahun ini diundang oleh masyarakat Indonesia di Qatar untuk kegiatan Ramadhan.

Untuk dua tahun terakhir, untuk meningkatkan manfaat Gontor bagi masyarakat yang lebih luas, maka Unida Gontor dan Kementrian Luar Negeri RI bersinergi untuk menghadirkan Safari Dakwah Ramadhan Internasional.

“Ini adalah program diplomasi publik dengan dakwah Ramadhan yang difasilitasi oleh KBRI untuk bersilaturahim dengan masyarakat Indonesia di berbagai negara serta Ulama di negara setempat,” tambah Ustadz Hamid.

Tahun lalu kegiatan dilaksanakan di Azerbaijan dan Kroasia. Adapun tahun ini di Afsel dan Kroasia. “Untuk persiapan tahun depan agar dipersiapkan lebih jauh hari, agar banyak KBRI bisa merencanakan dengan baik,” pesan Bpk Azis Nurwahyudi, Direktur Diplomasi dan Informasi Publik Kementrian Luar Negeri.

Jadwal padat di Afsel dan Kroasia

Jadwal kegiatan di Afrika Selatan berlangsung pada 4 hingga 7 Juni 2019. Selain kegiatan Shalat Ied dan halal bihalal di atas, kegiatan juga mencakup kajian menjelang buka puasa terakhir bersama Dubes RI untuk Afsel dan masyarakat Indonesia di Pretoria. Adapun tema yang diangkat oleh Ustadz Imam adalah “Puasa dengan Hati”.

Dalam kesempatan di Afsel, Dekan Fakultas Syariah UNIDA Gontor ini yang juga mengunjungi Awqaf of South Africa untuk mendiskusikan tentang wakaf, serta menyampaikan tentang wakaf di Indonesia dan pengalaman Gontor dalam mengelola dan mengembangkan wakaf.

Sementara itu, di Kroasia, rentetan kegiatan dimulai pada tanggal 27 Mei 2019 dan berakhir pada 5 Juni 2019. Kegiatan utama terdiri dari Pesantren Kilat bagi Staf KBRI dan WNI, Safari Ramadhan ke masjid-masjid di Kroasia, serta kunjungan ke Universitas.

Materi Pesantren Kilat membahas ranah akidah, fikih, serta akhlak. Dibahas dalam tujuh pertemuan, topiknya antara lain keutamaan amalan sunnah di bulan Ramadhan, cara mencintai dan menghafal Al-Quran, serta tafsir surat al-Ikhlas.

Adapun masjid yang dikunjungi dalam Safari Ramadhan adalah masjid Zagreb, masjid Rijeka, dan masjid Varazdin.

Courtesy Visit ke Imam Masjid Zagreb

Selain itu, untuk menjalin kerja sama akademik, UNIDA Gontor bersama KBRI Zagreb juga mengunjungi Universitas Zagreb. Rombongan disambut oleh Prof Robert Mikac di Fakultas Ilmu Politik yang pada tahun sebelumnya pernah menyampaikan Kuliah Umum di UNIDA Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *