HMP PBA UNIDA Gontor Adakan Seminar Insya’ Araby dan Munadzhoroh Arabiyah

HMP PBA UNIDA Gontor Adakan Seminar Insya’ Araby dan Munadzhoroh Arabiyah

PBA UNIDA GONTOR – Tidak bisa dipungkiri dalam pembelajaran bahasa arab yang kaya akan khazanah keilmuan, yang  tidak ada habis– habisnya untuk dikaji. Salah satunya Ilmu Balaghoh dan Insya’ Araby. UNIDA  Gontor sebagai salah satu lembaga pendidikan yang sangat concern dalam perkembangan bahasa Arab di Indonesia, berkesempatan mengadakan seminar Insya’ Araby dan Munadzhoroh Arabiyah sekaligus bedah buku  ‘Husnul Ishgho’ yang langsung dibedah oleh penulisnya, yaitu Ustadz Ahmad Makky Lazwardi, seorang guru senior Ponpes Darul Lughoh wad Da’wah Bangil Pasuruan yang merupakan lulusan universitas Al-Ahqaf Yaman.

Acara ini sepenuhnya dijalankan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi PBA UNIDA Gontor yang bekerja sama dengan ITHLA Wilayah Jawa Timur, dibawah pengawasan Prodi Pendidikan Bahasa Arab Unida Gontor. Seminar Insya’ Araby sekaligus bedah ini berlangsung pada hari Kamis, Tanggal 28 September 2017, pukul : 14.00 – 17.30 WIB, bertempat di Hall Markaz Shiroh Nabawiyah UNIDA Gontor.

Dalam kesempatan ini, beliau sangat menekankan bahwa menulis bahasa Arab atau Insya’ Araby itu harus banyak latihan. Dalam bahasa beliau “alikstar minat Tamariin”. Selain itu, beliau juga menekankan, bahwa seseorang itu tidak akan bisa menulis sebelum mampu berbicara bahasa Arab dan menguasai mufrodat (kosakata) yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, berkali-kali beliau mengatakan, “Zawwid Al-Mufrodat…!” atau bekalilah diri anda dengan kosakata bahasa Arab.

Seminar ini disampaikan dengan bahasa Arab yang sangat fasih, karena memang beliau adalah seorang lulusan Yaman, dimana Yaman terkenal dengan bahasa Arabnya yang fusha. Walaupun demikian, hal ini tidak mengurangi minat para peserta untuk hadir dalam seminar & bedah buku ini, hal itu dapat terlihat dari banyak para peserta yang hadir dari luar UNIda Gontor, seperti mahasiswa dari IAIN Ponorogo, INSURI, IAIN Jember, dan beberapa mahasiswa dari berbagai institusi lainya.

Wal Hasil, seminar ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa PBA untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam ketrampilan berbahasa Arab, karena bahasa Arab merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari agama Islam. Hal sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh Sekretaris Prodi PBA UNIDA Gontor ketika membuka acara seminar ini dengan mengutip perkataan Khalifah Umar bin Khattab, “Ihrisu ala ta’allumil Arabiyah, Fainnaha Juz’un min diinikum!”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *