Guna Mengembangkan Soft Skill Mahasiswa, Prodi HI UNIDA Gontor Adakan Pelatihan Debat Bahasa Inggris

Guna Mengembangkan Soft Skill Mahasiswa, Prodi HI UNIDA Gontor Adakan Pelatihan Debat Bahasa Inggris

Siman-Program Studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor mengadakan acara Workshop Pengembangan Softskill Mahasiswa: Debat Bahasa Inggris. Aacara yang diselenggarakan pada tanggal 13-14 Mei 2016 ini diisi oleh  Masyitoh Anissa Ramadhani seorang dosen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh civitas akademi HI UNIDA Gontor. Pada hari pertama, acara ini diisi dengan kegiatan berupa pembelajaran materi yang lebih tepatnya mengenai prinsip-prisip dan kaidah International Humanitarian Law (IHL), yang dilanjutkan dengan pemberian materi yang langsung dipresentasikan oleh mahasiswa pada saat itu.  Mahasiswa diajak untuk mengenal lebih dalam hal-hal mengenai Hukum Humaniter Internasional yang berkutat pula pada pembahasan mengenai ICRC.

 

Pada hari kedua, Mahasiswa sudah diberikan topik sebelumnya dihari pertama untuk di presentasikan di ruang kelas pembelajaran. Pada hari kedua ini mahasiswa langsung berlanjut pada bagaimana praktek debat dan mengutarakan argumennya sesuai dengan peraturan-peraturan dalam debat. Kegiatan praktek berlanjut langsung pada praktek debat, dimana mahasiswa mulai dibagi dua kelompok yakni; kelompok postif dengan kelompok negatif. Kegiatan pun berakhir hingga siang hari pada hari kedua tersebut yang bertepatan dengan tanggal 14 Mei 2016. Pengadaan kegiatan tersebut, guna memotivasi mahasiswa untuk lebih giat menerapkan Bahasa Inggris di lingkungan kampus, serta dapat memahami teknik debat, sebagai salah satu aktifitas pengembangan kompetensi mahasiswa di luar kelas. Semoga dengan diadakannya acara ini, kemampuan bahasa Inggris mahasiswa semakin berkembang dan retorika ataupun skill dalam berdebat bisa lebih matang kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *