GenBI UNIDA Gontor Utus Mahasiswa Teknik Informatika untuk Mengajar SMA/SMK di Jakarta

GenBI UNIDA Gontor Utus Mahasiswa Teknik Informatika untuk Mengajar SMA/SMK di Jakarta

Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan yang telah beberapa kali dilakukan oleh GenBI UNIDA Gontor. Hakikat para penimba ilmu adalah bisa mewujudkan ilmu yang pernah mereka terima di dunia pembelajaran bisa diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat. Salah satu anggota GenBI dari Program Studi Teknik Informatika, Fikky Aprico mengadakan Workshop Multimedia berbasis pengajaran tentang pengenalan cara editing video dan design grafis.

Pengabdian ini diadakan di 3 sekolah di Jakarta yaitu SMA Negri 3 Jakarta, SMK Muhamadiyah 15, Setiabudi Jakarta, dan SMA Muhamadiyah 3 Limau Jakarta. Pengabdian dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret 2019, dengan jadwal setiap sekolah yang berbeda.

Penyampaian Materi Workshop
Penyampaian Materi Workshop

Workshop ini diketuai oleh Fikky Aprico dan ditemani oleh rekannya M. Nur Alfarizi, dan Adi Darmanto. Dalam sesi awal pertemuan, Adi Darmanto sebagai pemateri dalam sesi tersebut menjelaskan konsep yang akan dipraktekkan nantinya ketika acara workshop berlangsung sekaligus memperlihatkan sebuah gambaran sedikit mengenai editing video dan design grafis.

Setelah itu para siswa/i diharuskan untuk mengikuti intruksi mengenai tata cara yang telah diberikan oleh Adi Darmanto dan Fikky Aprico sebagai Pemateri. Ketika para siswa/i sudah bisa mengikuti intruksi yang diberikan oleh pemateri, mereka diusulkan oleh pemateri untuk membagi dirinya masing-masing menjadi 6 kelompok terpisah guna untuk merekam sebuah video. Kemudian, mereka mengeditnya dengan durasi selama 1 menit.

Peserta yang berjumlah 69 orang dari tiga sekolah terlihat bersemangat dengan keingintahuan untuk menekuni dunia multimedia yang digambarkan melalui acara workshop yang diadakan oleh para mahasiswa Teknik Informatika tersebut.

Adapun harapan dari pemateri untuk mereka agar bisa memberikan ilmu yang mereka dapatkan dari workshop tersebut dan bisa mengaplikasikan di kehidupan mereka sehari-hari. [Fikky/Ed.Iqbal]

Berita terkait:

Pengukuhan GenBI Komisariat Kediri oleh Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo

Apa itu GenBi? Dan apa itu kegiatan Coffee Camp? Temukan Jawabannya di sini

Beasiswa Bank Indonesia bagi 50 Mahasiswa UNIDA Gontor Setiap Tahun

Bank Indonesia: Teruskan Memberi Manfaat

Beasiswa Kuliah 2019 di Universitas Darussalam Gontor

3 Comments

  • mantap GenBI UNIDA….

    Iqbal Munir Reply
  • joss GenBI UNIDA semangatttt

    Fikky Aprico Reply
  • terus berkarya GenBI UNIDA Gontor

    Taufiq Affandi Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *