Geliat Kampung Ramadhan UNIDA (KRU) 2017

Geliat Kampung Ramadhan UNIDA (KRU) 2017

UNIDA Gontor – Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor selalu berusaha menghadirkan kegiatan bermutu di tengah masyarakat. Terbukti di waktu libur panjang sekalipun, kegiatan di kampus pusat UNIDA Gontor tetap berjalan. Dengan membentuk panitia khusus dari mahasiswa semester empat, bulan suci Ramadhan tahun ini merupakan ketiga kalinya UNIDA menyelenggarakan kegiatan Kampung Ramadhan UNIDA (KRU).

Pada tanggal 27 Mei 2017 lalu yang bertepatan dengan 1 Ramadhan 1438 kampus pusat UNIDA Gontor sudah ramai oleh peserta KRU dari daerah Ponorogo dan sekitarnya yang akan mengikuti kegiatan intensif hingga 23 Ramadhan. Total peserta KRU dari sekitar dan luar Ponorogo tahun ini berjumlah 80 orang dengan fokus kegiatan yang berbeda-beda.
Fokus kegiatan yang diselenggarakan di KRU ini antara lain: Arabic Camp , Muqram (Muqim Ramadhan) dan Festival Anak Kampung Ramadhan (Fakhru). Namun ada yang berbeda di tahun ini, yakni ada fokus kegiatan baru, Quranic Camp, yang merupakan kegiatan bimbingan intensif hafalan Quran oleh lembaga Quran UNIDA (Markaz Al Quran) dengan target hafal 5 juz dalam waktu sepuluh hari.

Adapun kegiatan umum yang wajib diikuti oleh semua peserta KRU adalah Kajian Indah yang diselenggarakan setiap sore menjelang berbuka di Masjid Jami UNIDA. Kajian Indah ini tidak hanya diikuti peserta KRU tetapi juga ramai dihadiri warga sekitar dan para mahasiswa Ponorogo. Bagaimana tidak, Kajian Indah menghadirkan pembicara ahli yang berbeda setiap harinya baik pembicara internal kampus maupun nasional dengan tema-tema yang menarik.

Kegiatn ini dibuka langsung oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor K.H. Hasan Abdullah Sahal dihadiri pula oleh Rektor UNIDA Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., dan Wakil Bupati Ponorogo Drs. H. Soedjarno, MM. Bertempat di Masjid jami’ UNIDA Gontor. (27/5)

Selain bertujuan untuk tetap menghidupkan suasana kampus di tengah libur panjang, KRU juga diharapkan menjadi pendorong para pelajar muslim untuk memaksimalkan kegiatan positif di bulan suci nan penuh berkah Ramadhan dengan ibadah dan belajar ilmu agama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *