Tafsir merupakan salah satu materi terpenting dalam studi Islam karena posisi al-Qurán sebagai sumber utama ilmu pengetahuan dalam Islam. Oleh sebab itu, Prodi ini didirikan untuk mencetak para sarjana yang mampu menguasai ilmu-ilmu al-Qurán, metodologi penafsirannnya, dan tantangann yang dihadapinya. Penguasaan ilmu-ilmu al-Qurán sangat penting, utamanya untuk menjelaskan kedudukan al-Qurán sebagai wahyu Allah yang otentik. Penguasaan metodologi juga sangat diperlukan untuk memfungsikan al-Qurán sebagai petunjuk guna menyelesaikan persoalan-persoalan keilmuan maupun kemasyarakatan dalam Islam.

Visi

Menjadi Pusat Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang berkualitas yang mampu melahirkan sarjana mukmin muslim profesional di bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dalam rangka mewujudkan masyarakat madani.

Misi

  1. Mendalami ilmu Al-Qur’an dan Tafsir secara objektif dan kritis.
  2. Memperluas dan memperdalam pemahaman terhadap Islam dengan memahami ilmu Al-Qur’an, metode tafsir, dan penafsiran Al-Qur’an, sebagai bentuk kegiatan penelitian.
  3. Mengembangkan pengetahuan dasar Ushuluddin untuk menegaskan dan meyakinkan kebenaran Islam dalam ilmu-ilmu Al-Qur’an, metode tafsir, dan penafsiran Al-Qur’an yang beragam di dalam masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat .

Keunggulan Program Studi

Kurikulum pada Prodi ini dirancang agar mahasiswa dan lulusan memiliki kecakapan akademik dengan penguasaan teori dan konsep tentang paradigma, metode, pendekatan, dan model penafsiran yang tetap berpegang kepada tradisi para mufassirun.

Mata Kuliah 

            Mata kuliah khusus yang ditawarkan oleh Prodi ini adalah: Ulumul Quran, Manahij Mufassirin, Al-Dakhil dalam Tafsir, Tafsir Tahlili, Tafsir Maudhui’, Studi Al-Quran Klasik dan Kontemporer, Filsafat Al-Quran, Studi Banding Kitab Tafsir, Qiraat Sab’ah, Hermeneutika.

Profil Lulusan

Dosen; juru dakwah; pegawai (kemendikbud, Kemenag); peneliti (MUI, DDII, IKADI); konsultan keagamaan; pembina pondok-pondok al-Qurán, TPQ/TPSQ; hakim musabaqah al-Qurán.