Fakultas Ushuluddin; Memperluas Wawasan Melalui SPL

Fakultas Ushuluddin; Memperluas Wawasan Melalui SPL

Studi Pengayaan Lapangan (SPL) merupakan salah satu syarat untuk memenuhi program yang berhubungan dengan akademik dan mendukung proses belajar mahasiswa di Fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor. Acara ini, termasuk dalam SKS perkuliahan. Rentetan acara Studi Pengayaan Lapangan (SPL) dimulai dari acara pembekalan yang diisi oleh Dekan Fakultas Ushuluddin H. Syamsul Hadi Untung, M.A, M.LS dilanjutkan dengan Ketua Program Studi Agama-Agama Muttaqien, M.Ud dan Ketua Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Rochmad, M.A. Dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh Mahasiswa Semester 6 Fakultas Ushuluddin Kampus Siman dan Robithoh yang diberikan arahan tentang pelaksanaan Studi Pengayaan Lapangan (SPL) dari penentuan objek hingga penulisan laporan yang baik dan benar.
Akhirnya, setelah direncanakan secara matang, komunitas mahasiswa Fakultas Ushuluddin berencana mengadakan Studi Pengayaan Lapangan (SPL) dengan tujuan Jakarta dan sekitarnya dimaksudkan sebagai sarana penelitian, pengembangan wacana keilmuan, penambahan wawasan dan penguatan ukhuwah.
Acara ini dilaksanakan pada tanggal 7-14 Januari 2017 yang dibimbing oleh Muttaqien, M.Ud, Ahmad Farid Syaifuddin, M.Ud, Ali Mahfuz Munawwar, Lc, M.Hum. Kurang lebih selama 8 hari, berbagai macam kegiatan berlangsung dalam bentuk penelitian, diskusi umum, seminar, praktek dan lain sebagainya. Alhamdulillah acara ini berlangsung dengan baik dan lancar dengan memberikan pengalaman bagi mahasiswa berupa penelitian yang baik, keberanian dalam mengajukan pertanyaan dan pendapat, penggalian masalah dari tiap objek yang berbeda serta kemandirian dalam memetik manfaat, pelajaran, hikmah dan berakhir dengan memberikan kesimpulan yang bijak dengan memahami kekurangan serta mencontoh kebaikan dari tiap objek yang berbeda.
Diharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan agar dapat meningkatkan semangat para mahasiswa dan mahasiswi UNIDA dalam menggali keilmuan yang tersebar luas disegala penjuru tanah air, memperbanyak pengalaman, melatih kemandirian ilmiah serta membangun intelektual etik dalam diri seluruh mahasiswa dan mahasiswi UNIDA diluar bangku perkuliahan yang menyenangkan dan menambah wawasan yang belum terungkap diluar sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *