Prodi Pendidikan Bahasa Arab merupakan bagian dari Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor sebagai wadah pengembangan ilmu bahasa Arab dan pengajarannya. Penyelenggaraan program studi didasarkan pada Surat Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: Dj. II/281/03. Sejak saat itu program studi ini sudah melaksanakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Dan saat ini sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan SK No.197/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013 dengan predikat A.

Visi

Menjadi pusat kajian dan pengembangan Pendidikan Bahasa Arab yang unggul dengan sistem perguruan tinggi pesantren yang sesuai dengan perkembangan zaman pada tahun 2030.

Misi

  1. Melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran di bidang Pendidikan Bahasa Arab yang mampu merespon tantangan global.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Arab.
  3. Menginternalisasikan nilai-nilai kepesantrenan dalam sistem Perguruan Tinggi Pesantren.
  4. Memperluas jaringan kerja (network) dengan berbagai lembaga Islam di dalam dan luar negeri.

Keunggulan Program Studi

Dengan akreditasi A dari BAN PT, Prodi ini memiliki keunggulan tersendiri. Kurikulum didesain untuk menjadikan mahasiswa dan lulusan yang ahli dalam bidang bahasa Arab secara aktif, baik verbal maupun tulisan. Dengan emikian, lulusan Prodi ini banyak diminati oleh lembaga-lembaga pendidikan untuk mengajar atau menjadi konsultan pendidikan, khususnya di bidang bahasa Arab. Apalagi saat ini bahasa Arab merupakan salah satu bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa, sehingga membuka peluang yng besar bagi lulusan Prodi ini untuk berkecimpung di dunia internasional.

Mata Kuliah

Mata kuliah khusus yang diajarkan di Prodi ini antara lain; Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Tarkibu-l-Jumal, Ilmu Lughah Nafsi (Psycho-linguistic, Ilmu Ashwat (Phonology), Sejarah Sastra Arab, Syi’ir & Natsr Araby.

Profil Lulusan

Guru bahasa Arab di Sekolah, madrasah, dan pondok pesantren; peneliti bahasa Arab di sekolah, madrasah, dan pondok pesantren; pelatih di berbagai pusat pelatihan bahasa Arab; penulis buku-buku bahasa Arab untuk sekolah, madrasah, dan pondok pesantren; penerjemah.