Prodi Pendidikan Agama Islam memprioritaskan penguasaan materi-materi pendidikan Islam dan dirasah Islamiyah yang diwujudkan dalam kesatuan kurikulum pendidikan Islam yang komprehensif. Kurikulum ini memadukan tradisi keilmuan dan keruhaniaan dalam olah dzikir, olah pikir, dan olah raga yang dilaksanakan dalam lingkungan perguruan tinggi pesantren dengan menekankan pada kesimbangan materi-materi dirasah Islamiyah dan ilmu pendidikan. Sehingga dapat dihasilkan lulusan yang memiliki integeritas keislaman dan kependidikan.

Kegiatan akademik Prodi ini dilaksanakan oleh dosen-dosen dan tenaga kependidikan yang memiliki kualifikasi serta kompetensi dalam bidang Pendidikan Agama Islam dalam lingkungan belajar perguruan tinggi pesantren yang kondusif. Sehingga budaya akademik yang ideal dapat terwujud. Dalam kenyataannya, Lulusan PAI UNIDA Gontor dapat bersaing secara kompetitif sesuai dengan kualifikasinya dan diterima oleh lembaga-lembaga pendidikan baik dalam maupun luar negeri.

Visi

Menjadi pusat kajian dan pengembangan Pendidikan Agama Islam yang unggul dengan sistem perguruan tinggi pesantren yang sesuai dengan perkembangan zaman pada tahun 2030.

Misi

  1. Melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran di bidang Pendidikan Agama Islam yang mampu merespon tantangan global.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Agama Islam.
  3. Menginternalisasikan nilai-nilai kepesantrenan dalam sistem Perguruan Tinggi Pesantren.
  4. Memperluas jaringan kerja (network) dengan berbagai lembaga Islam di dalam dan luar negeri.

Keunggulan Program Studi

Jaringan Pondok Modern Gontor dan UNIDA Gontor yang luas dengan berbagai lembaga pendidikan merupakan keunggulan tersendiri bagi Prodi ini. Jaringan tersebut dapat berupa lembaga pendidikan mulai dari tingkat prasekolah sampai tingkat perguruan tinggi, ditambah pondok-pondok pesantren alumni Gontor. Dengan demikian Prodi ini menjadi mitra yng sangat bagus dalam rangka pengembangan keterampilan mengajar mahasiswa dan penyaluran kerja alumninya. Prodi ini juga sudah mendapatkan akreditasi dari BAN PT.

Mata Kuliah

Mata kuliah khusus yang diajarkan antara lain: Filsafat Pendidikan Islam, Psikologi Agama, Andragogi, Perbandingan Pendidikan, Teknologi Pendidikan, Perencanaan Sistem Pendidikan Agama Islam.

Profil Lulusan

Kepala sekolah/madrasah/pondok pesantren; guru Agama Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Pondok Pesantren; penyuluh agama; peneliti Pendidikan Agama Islam di sekolah, madrasah, dan pondok pesantren; konsultan pendidikan; penulis buku-buku agama Islam untuk sekolah, madrasah, dan pondok pesantren.