Fakultas Tarbiyah Melaksanakan Pembekalan Persiapan PPL di Malaysia

Fakultas Tarbiyah Melaksanakan Pembekalan Persiapan PPL di Malaysia

Sebagai Institusi yang menekankan pada kualitas, Fakultas Tarbiyah selalu concern pada pengarahan dan pembekalan setiap sebelum melaksanakan program apapun. salah satu pengarahan dan pembekalan yang telah dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah pada tahun ini adalah Pengarahan dan Pembekalan (coaching) program Microteaching & PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) bagi Mahasiswa Kampus Siman Semester Enam Prodi PAI & PBA Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, yang akan dilaksanakan di Ma’had darul Qur’an Terengganu Malaysia, pada tanggal 31 Maret – 12 April 2017 nanti.

Pembekalan & pengarahan program Microteaching tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2017 bertempat di Hall Wisma UNIDA Gontor. Adapun rentetan acaranya sebagai berikut :

NONAMAWAKTUMATERI
1Dr. H. Imam Bahroni, M.A, M.L.Sc.14.00- 15.00Pengantar dan Sistematika Laporan
2K.H. Heru Saiful Anwar, M.A15.30- 16.30Program Semester (Promes),  Program Tahunan (Prota) dan  Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
3Muhammad Ismail, M.Pd.I20.00-21.00Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
4Alif Cahya Setiyadi, M.A21.00- 22.00Evaluasi Pembelajaran dan Observasi

 

Sedangkan pembekalan sekaligus pengarahan Program PPL telah dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 22 Maret 2016, bertempat Di Hall Wisma UNIDA Gontor. Yang langsung diisi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Imam Bahroni, MA, M.L.Sc, yang memberikan pembekalan seputar PPL, teknis Pelaksanaannya ketika di tempat PPL, dan Laporan pelaksanaan Kegiatan PPL. Serta tidak lupa beliau juga memberikan kata-kata penyemangat yang seakan-akan membakar jiwa para mahasiswa peserta PPL Malaysia, karena tidak dipungkiri bahwa PPL ini merupakan PPL perdana Fakultas Tarbiyah ke Luar Negeri. Sehingga beliau benar-benar sangat mengapresiasi PPL ini, dan berharap untuk di tahun-tahun berikutnya agar bisa terus ke luar Negeri. “Tentunya dengan terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas & kemampuan para mahasiswa dalam mengajar terutama dalam penyampaian berbahasa Arab dan Inggris”, Kata beliau diakhir sesi pembekalan.

Pembekalan berikutnya disampaikan oleh Wakil Dekan Fak. Tarbiyah, KH. Heru Saiful Anwar, MA. Beliau menerangkan seputar Kurikulum, dan penyegaran kembali teknis pembuatan Silabus, Prota, Promes, dan RPP. Tidak hanya itu, beliau juga memberikan motivasi, harapan dan cerita-cerita yang sangat fresh untuk menambah semangat para mahasiswa peserta PPL Malaysia. Dan terakhir, pembekalan tersebut disampaikan oleh Ka. Prodi PBA, Ust. Alif Cahya Setiyadi, MA, dimana beliau menekankan pada beberapa aspek penting seperti, evaluasi pembelajaran di akhir tiap sesi, hal-hal yang harus dilakukan disana, etika-etika yang harus dijaga, dipertahankan dan dilaksanakan dalam rangka menjaga nilai-nilai atau marwah Gontory.

Akhirnya, dari semua pembekalan dan pengarahan yang dilakukan ini, diharapkan para mahasiswa peserta PPL Malaysia dapat memahami, mengerti, serta mampu melaksanakan PPL tahun ini dengan sangat baik, berkualitas, bermutu dan berarti, seperti yang selalu diharapkan oleh Bapak dekan Fak. Tarbiyah dalam setiap kumpul Fungsionaris Tarbiyah setiap hari Selasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *