Fakultas Tarbiyah Gelar Orientasi Pengenalan Fakultas dan Prodi

Fakultas Tarbiyah Gelar Orientasi Pengenalan Fakultas dan Prodi

Senin (8/8) pagi di Hall Gedung Utama UNIDA Gontor, Fakultas Tarbiyah menggelar Orientasi Pengenalan Fakultas dan Prodi yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dari Prodi PBA maupun PAI, acara tersebut diikuti oleh mahasiswa dari semester 1 sampai 9. Acara ini menghadirkan para fungsionaris Fakultas,  hadir juga dalam Acara ini Dr. H. Abdul Hafid Zaid, M. A. (Direktur Lembaga Bahasa UNIDA Gontor) dan semua dosen Fakultas Tarbiyah.

Namun Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. H. Imam Bahroni, M.A, M.L.Sc berhalangan hadir dikarenakan sakit, semoga Allah memberi kesembuhan kepada beliau.

Dalam Kesempatan Orientasi tersebut K.H. Heru Saiful Anwar, M.A (Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah) memaparkan tentang program yang telah berjalan dan prestasi yang pernah diraih oleh mahasiswa, seperti Juara di perlombaan-perlombaan Nasional dan pengiriman Mahasiswa teladan ke Qatar serta program-program yang akan dilaksanakan.

“Dengan izin Allah ke depan kita akan membuat Prodi baru yaitu Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang mana telah lama kami canangkan. Banyak santri Pondok Modern Darussalam Gontor yang menonjol dan memiliki minat yang lebih dalam bahasa Inggris,  namun belum ada wadah bagi mereka”, ungkap K.H Heru Saiful Anwar.

Sesi pertama, yang juga di hadiri oleh para Dosen Fakultas Tarbiyah serta Kaprodi PBA dan PAI dengan segenap jajarannya berjalan dengan lancar.

Sesi kedua, diadakan di hall lantai 4 untuk Prodi PAI dan ruang multimedia lantai 3 Gedung Utama, pada sesi ini dihadiri seluruh Mahasiswa dan Dosen Prodi PBA turut hadir para fungsionaris Prodi PBA.

Acara itu dibuka langsung oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) al-Ustadz Alif Cahya Setiyadi, M.A. Kaprodi yang menyelesaikan S1 di ISID (sekarang menjadi UNIDA) ini memaparkan tentang bagaimana prospek Prodi Bahasa Arab ke depan sekaligus memperkenlkan para dosen-dosen baru PBA.

Ustadz Yoke Suryadarma, M.Pd.I sebagai pembicara pertama menjelaskan secara gamblang tentang bagaimana Kurikulum Prodi PBA UNIDA Gontor. Dalam momen ini beliau juga menyinggung tentang kurikulum KKNI yang akan mulai diberlakukan dalam  hal materi kuliah di Mahasiswa semester 1, namun sejatinya Kurikulum ini secara praktis telah terlaksana, dengan  menitikberatkan kepada keaktifan Mahasiswa dan bukan hanya mendengarkan pemaparan Dosen, yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi Mahasiswa. “Indonesia bahkan Dunia sangat memprioritaskan sebuah kertas yang di dalamnya ada pengakuan. itu penting tapi yang lebih berharga  adalah memiliki kompetensi yang memumpuni” paparnya.

Sementara itu, Ustadz Agus Yasin, M.Pd.I memaparkan, Mahasiswa harus memiliki budi pekerti luhur yang telah diajarkan Gontor, harus memperkuat spiritual bukan hanya menonjolkan aspek kognitif saja. “Mahasiswa UNIDA harus memiliki keseimbangan antara olah Fikir, olah Dzikir dan Olah raga”, pesannya.

Pada akhir acara sekretaris Fakultas Tarbiyah al-Ustadz Muhammad Ismail bin Syuhada, M.Pd.I memberikan sebuah tantangan kepada seluruh Mahasiswa PBA untuk menerbitkan majalah pada pertengahan bulan September ini. “Majalah bahasa arab yang akan diterbitkan merupakan wadah bagi para Mahasiswa PBA untuk menyalurkan bakatnya, kedepan majalah ini akan memotori cakrawala keilmuan seluruh Prodi, dan jika kalian mampu akan diterbitkan setiap bulan”, tegasnya dengan membakar semangat Mahasiswa PBA.

Kemudian di sesi terakhir diisi dengan sarasean sosialisasi ITHLA’ dan acara perlombaan-perlombaan kebahasaan yang diisi oleh semester 7 PBA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *