Dengan dukungan dari dosen-dosen lulusan universitas Timur Tengah, Prodi ini berupaya mempersiapkan ulama ahli Fiqih yang menguasai tidak hanya hukum-hukum Islam dari satu mazhab tapi dari semua mazhab. Hal ini diperlukan secara sosial untuk penyelesaian masalah syariah di masyarakat, dan secara akademik untuk kajian ekstensif tentang hukum Islam. Selain mengkaji hukum Islam, para mahasiswa juga belajar hukum pidana dan perdata Indonesia agar dapat memperluas wawasan mereka dalam kasus-kasus hukum. Maka diharapkan lulusan Prodi ini dapat memiliki spesialisasi dalam bidang hukum Islam dan dapat berperan di masyarakat dan dunia akademik. Prodi ini telah memperoleh pengakuan dari pemerintah Indonesia melalui Badan Akreditasi Nasional dengan surat keputusan No. 016/BAN-PT/Ak-XV/S1/VI/2012, dengan predikat “B”.

Visi

Menjadi pusat kajian dan pengembangan Ilmu Syari’ah Islamiyah terkemuka dengan tetap “berjiwa Pondok”, dalam melahirkan sarjana mu’min muslim yang profesional di bidangnya.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu Syari’ah Islamiyah, dalam sistem Perguruan Tinggi Pesantren.
  2. Mengembangkan pengkajian dan penelitian terhadap fenomena sosial-keagamaan Islam
  3. Mengembangkan ilmu-ilmu Syari’ah Islamiyah dengan mempertimbangkan problem kekinian umat Islam dan kemajuan iptek.
  4. Membangun sistem sebagai upaya memecahkan masalah-masalah sosial-keagamaan
  5. Mempersiapkan dan meningkatkan sumber daya manusia untuk mewujudkan masyarakat yang berkomitmen untuk melaksanakan Syari’ah Islamiyah.

Keunggulan Program Studi

Beberapa keunggulan yang terdapat pada Prodi ini adalah penguasaan fiqh dari sumber aslinya disertai hukum positif, penggunaan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pembelajaran fiqh, hubungan kerjasama internasional yang memudahkan alumninya untuk lanjut studi ke luar negeri, praktik-praktif peradilan yang menyiapkan lulusan untuk terjun di peradilan agama, dan sudah terakreditasi BAN PT.

Mata Kuliah

Mata kuliah spesifik yang diajarkan pada Prodi ini adalah: Muqaranah Al-Madzahib al-fiqhiyyah, Tafsir Ahkam, Hadits Ahkam, Hukum Pidana dan Perdata Islam Indonesia, Ilmu Hukum, Filsafat Hukum Islam, dan Tarikh Tasyri’.

Profil Lulusan

Praktisi hukum (hakim, advokat, jaksa, panitra, juru sita) di pengadilan agama; pegawai di Kemenag dan Kemenkumham; pengacara syari’ah di lembaga keuangan syari’ah; menjadi akademisi hukum (melanjutkan S2) Prodi Ilmu Hukum atau Studi Hukum Islam di dalam dan luar negeri; menjadi rujukan masyarakat dalam bidang fiqh (ustadz, kyai, imam masjid, da’i, dll).