Prodi ini didirikan sebagai respon UNIDA Gontor terhadap perkembangan industri keuangan Islam yang sangat pesat di dunia. Industri keuangan telah berkembang mulai dari pendirian perbankan syariah (Islamic banking) hingga pertumbuhan pasar modal syariah (Islamic Capital Market). Industri keuangan Islam juga telah memasuki lingkup yang lebih kecil ditandai dengan pertumbuhan jumlah lembaga keuangan mikro syari’ah yang cukup pesat. Fokus Prodi ini adalah membentuk manajer keuangan Islam yang menguasai prinsip keuangan dan lembaga keuangan dengan pendekatan nilai-nilai Islami dan analisis fiqh keuangan.

Program studi ini telah memperoleh pengakuan dari Pemerintah Indonesia melalui BAN PT dengan surat keputusan 028/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012, dengan predikat “B”.

Visi

Sebagai Program Studi terkemuka dalam melahirkan sarjana muhsin muslim di bidang Hukum Bisnis Islam untuk mewujudkan tatanan ekonomi yang Islami dengan tetap berjiwa Pondok.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berfokus pada pengembangan Hukum Bisnis Islam.
  2. Melaksanakan dan menghasilkan kegiatan penelitian terkait Hukum Bisnis Islam.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang diarahkan pada pemecahan masalah masalah Hukum Bisnis Islam.

Keunggulan Program Studi

Merupakan Prodi keuangan Syariah pertama di Indonesia (dibuka tahun 2000), penggunaan bahasa Arab dan Inggris dalam proses pembelajaran, penguasaan ilmu fiqh dan ilmu ekonomi secara simultan, praktik peradilan kasus-kasus keuangan sehingga lulusan siap terjun dalam peradilan agama terkait keuangan syariah, sudah terakreditasi oleh BAN PT.

Mata Kuliah

            Mata kuliah spesifik yang diajarkan pada Prodi ini adalah: Tafsir Iqtishad, Hadits Iqtishad, Filsafat Ekonomi Islam, Muqaranah Madzahib fil Muamalat, Lembaga keuangan Syariah Kontemporer, Kewirausahaan, Studi Manajemen Islam, Manajemen Bank Syariah, Manajemen Keuangan Islam, Manajemen BMT, dan Manajemen Perusahaan.

Profil Lulusan

Praktisi hukum ekonomi syari’ah; praktisi perbankan syari’ah; dewan pengawas syari’ah; konsultan di lembaga keuangansyari’ah; peneliti di bidang ekonomi dan perbankan syari’ah.