Fakultas Syari’ah Gelar Pelatihan Maktabah Syamilah untuk Mahasiswa/i Akhir UNIDA Gontor

Fakultas Syari’ah Gelar Pelatihan Maktabah Syamilah untuk Mahasiswa/i Akhir UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Dalam rengka meningkatkan keilmuan mahasiswa, Fakuktas Syari’ah Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menggelar Pelatihan Penggunaan Sofware Maktabah Syamilah yang diikuti oleh Mahasiswa/i akhir UNIDA Gontor di tiga Kampus, kampus Siman, Mantingan dan Magelang.

Pelatihan ini bertujuan untuk memudahkan para mahasiswa/i akhir dalam penulisan tugas akhir (skripsi) khususnya dalam pengambilan rujukan dari kitab-kitab turats yang Mu’tabar dan meningkatkan kualitas tugas akhir mahasiswa/i UNIDA Gontor lintas fakultas.

Mahasiswi UNIDA Gontor kampus putri sedang mengikuti pelatihan sofware maktabah syamila

Sesuai arahan Dekan Fakultas Syariah UNIDA Gontor, Ustadz Dr. Imam Kamaluddin, Lc., M. Hum,. akan pentingnya pelatihan ini maka sangat perlu untuk dijadikan kegiatan tahunan khusus kepada mahasiswa/i akhir di UNIDA Gontor. Oleh sebab itu pelatihan ini merupakan kelanjutan dari tahun 2017 yang lalu dan merupakan pelaksanaan evaluasi dari tahun sebelumnya berupa penambahan konten pelatihan.

Pelatihan ini diisi dengan materi dan oleh trainer Maktabah Syamilah Fakultas Syariah berupa:

1- Model Penulisan, Struktur dan Tata Cara Penulisan Skripsi di UNIDA Gontor oleh Ustdzah Ria Rahmawati, M.A. (Kaprodi PM)

2- Pengenalan Dasar tentang Software Maktabah Shamela oleh Ustadz. Ahmad Fanani, M.A.

3- Fungsi dan Cara Pemakaian Tools Software Maktabah Shamela oleh Ustadz. Ahmad Muqorobin, M.A.

4- Praktek rinci pemakaian Software Maktabah Shamela sebagai rujukan kitab turats dan cara Takhrij Hadits oleh Ustadz. Mhd. Jabal Alamsyah, Lc., M.A.

Pelatihan tahun ini yang dimulai untuk angkatan III pada tanggal 9 Januari 2018 di Kampus Siman yang disampaikan oleh Ustadzah Ria Rahmawati, Ust Ahmad Muqorobin dan Ust Mhd. Jabal Alamsyah. Lc., M.A.

Diteruskan untuk angkatan IV pada 27 Januari 2018 di kampus Mantingan yang disampaikan oleh Ustadzah Ria Rahmawati, Ustadz Ahmad Fanani, M.A. dan Ustadz Ahmad Muqorobin, M.A. dan berakhir kepada angkatan V pada 5 Februari 2018 di Kampus Magelang yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Fanani, M,A, Ustadz Ahmad Muqorobin, M.A. dan Ustadz Mhd. Jabal Alamsyah. Lc., M.A

Pelatihan ini mendapat sambutan yang sangat baik oleh mahasiswa/i akhir di 3 kampus tersebut khususnya kampus Magelang dan akan menindak lanjuti pelatihan ini dengan merencanakan pelaksanaan Pelatihan Maktabah Syamilah kepada para Mudarrisin secara bertahap untuk dapat mempersiapkan i’dad mengajar agar lebih “Gazaaratul Maaddah” dalam Tadris.

Harapan kami dari Fakuktas Syariah dengan pelaksaan pelatihan ini semoga kualitas tugas akhir para mahasiswa/i akhir UNIDA Gontor semakin baik dari tahun sebelumnya terutama dalam pengambilan rujukan dari kitab turats yang mu’tabar. [FS News]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *