Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.

Visi

Menjadi Program Studi bermutu dan berarti yang bersistem pesantren sebagai pusat pengembangan islamisasi ilmu pengetahuan dibidang Computer Network dan Software Engineering.

Misi
Adapun misi prodi Teknik Informatika UNIDA Gontor adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan mengutamakan kepribadian islam, ilmu pengetahuan, dan keterampilan dalam bidang computer network dan software engineering.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermutu dibidang informatika sebagai proses islamisasi ilmu pengetahuan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan umat manusia.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi baik nasional ataupun internasional.

Keunggulan Program Studi

Prodi ini memiliki keunggulan dibanding Prodi yang sama di Perguruan Tinggi lainnya karena kompetensi inti dari Prodi ini adalah penguasaan dan penerapan teknologi informasi dalam bidang pengambilan keputusan (decision making), pengoperasian (operation), dan pengembangan aplikasi tingkat lanjut (advanced application development). Semua itu diintegrasikan atau direkayasa agar dapat memenuhi berbagi kebutuhan umat Islam yang berkaitan dengan bidang pengkajian, penelitian, dan pengamalan agama Islam.

Mata Kuliah Unggulan

Pemrograman Mobile, Pemrograman Visual, Pemrograman Web, Internet of Thing, Cloud Computing, Digital Forensic, Sistem Terdistribusi, ICT in Islam, Worldview Islam, Sejarah Peradaban Islam Sains dan Teknologi.

Profil Lulusan

Lulusan program studi Teknik Informatika Universitas Darussalam Gontor mempunyai kualifikasi sarjana bidang teknik informatika yang berkarakter, islami, bertakwa, beriman yang mampu berkontribusi untuk membangun peradaban islam serta menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran, serta diharapkan dapat bekerja sebagai : Pengembang Perangkat Lunak (software developer, programmer, pengembang web, cloud developer, system analyst, software engineer/tester), Networking engineer (desain dan rekayasa jaringan, Administrator Jaringan), Konsultan sistem (IT consultant)