Program studi Agroteknologi merupakan bidang studi yang mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan tanaman (genetika, fisiologi, pemuliaan, pembenihan dll), media tanam (kesuburan dan nutrisi tanaman, mikrobiologi, biologi tanah, dll), lingkungan (hama dan penyakit tanaman, klimatologi, agroekosistem/ekologi, evaluasi lahan), kewirausahaan pertanian / agribisnis, serta ilmu-ilmu pendukung lainnya. Program studi agroteknologi juga merencanakan, merancang dan menerapkan teknologi industri tanaman secara efektif dan produktif serta mampu mengidentifiksi, menganalisis, dan merumuskan masalah secara tepat mengenai sistem budidaya pertanian secara berkelanjutan, baik secara modern maupun yang memanfaatkan kearifan lokal.

Visi

Menjadi program studi unggulan yang mengintegrasikan sains, teknologi, dan ilmu kemanusian dengan ilmu-ilmu keislaman dengan tetap mengikuti perkembangan zaman pada tahun 2030 dalam mewujudkan Pertanian Terpadu Berkelanjutan (PTB) untuk masuk pasar global.

 Misi

  1. Agroteknologi yang kompetitif, beriman, bertaqwa, berakhlaqul karimah.
  2. Penelitian dalam bidang pertanian terbadu berkelanjutan.
  3. Pengabdian masyarakat dalam aplikasi pertanian terpadu berkelanjutan.
  4. Jiwa entrepreneur (pengusaha).

Keunggulan Program Studi

Prodi ini memadukan ilmu pengetahuan Islam dan ilmu pengetahuan bidang pertanian dengan tujuan mengembangkan studi keilmuan agroteknologi berdasarkan analisa dampak lingkungan dan tujuan syari’ah. Prodi Agroteknologi didesain guna memberikan bekal kompentensi (hard-skills dan soft skills) kepada mahasiswa untuk menjadi pelaku usaha pertanian, peneliti, pendidik, dan pemberdaya masyarakat khususnya di bidang pertanian.

Mata Kuliah Unggulan

Al-Qur’an dan al-Hadits Agroteknologi, Fiqh untuk Agroteknologi, Sejarah Peradaban Islam bidang Agroteknologi, Konservasi Tanah dan Air, Nutrisi Tanaman.

Profil Lulusan

Wirausahawan bidang pertanian; peneliti; konsultan professional di sektor pertanian; karyawan pemerintah bidang pertanian; tenaga lapangan perusahaan bidang pertanian; dan pemberdaya mayarakat bidang pertanian.