Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah ilmu yang mempelajari tentang identifikasi faktor dan potensi bahaya di tempat kerja serta cara pengelolaannya agar tenaga kerja dapat sehat dan selamat, bekerja secara efektif dan efisien. Dasar pertimbangan pendirian Prodi D4 K3 adalah untuk memenuhi dan menjawab kebutuhan dunia kerja yang semakin tinggi di bidang (K3) baik di industri formal maupun informal dengan skala nasional maupun internasional. Prodi D4 K3 adalah program pendidikan vokasi dengan persentase praktek/praktikum dan teori adalah 60:40, sehingga Prodi D4 K3 mempersiapkan lulusan yang memiliki keterampilan teknik manajerial yang mampu menganalisa dan mengaplikasikan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja sesuai peraturan perundang-undangan.

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul serta menghasilkan lulusan yang cerdas dan kompetitif di bidang K3 dengan tetap berjiwa pondok, serta mampu berperan aktif dalam pengembangan ilmu K3 yangterpadu, berkelanjutan, pada skala nasional dan internasional di tahun 2030.

Misi

  1. Mengadakan pendidikan dan pembelajaran yang terstruktur dalam universitas di bidang Ilmu K3 sehingga membentuk manusia yang berkompetensi dalam bidangnya dan membentuk manusia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlakul karimah.
  2. Mengadakan penelitian dalam bidang Ilmu K3 dan menerapkannya dalam mendukung pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja yang bermutu.
  3. Mengadakan pengabdian pada masyarakat melalui pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang K3 dalam mendukung pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja di berbagai sektor kehidupan.
  4. Menghasilkan karya dan manfaat berbasis enterpreuneurship dalam bidang K3.

Keunggulan Program Studi

Ciri khas Prodi D4 K3 UNIDA Gontor adalah konsentrasinya pada Higiene Industri/Higiene Perusahaan. Prodi D4 K3 tidak hanya mempersiapkan lulusan yang berkompeten di bidang K3 di segala sektor industri baik skala nasional maupun internasional, namun juga lulusan K3 yang berjiwa pondok dan memahami K3 dalam kaitannya dengan prinsip serta tujuan syariah. Selain itu, pada semester VII, terdapat mata kuliah pilihan yang dapat memperdalam minat mahasiswa. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan serta lulusannya, Prodi D4 UNIDA Gontor bekerjasama dengan Prodi D4 K3 Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta yang telah berdiri sejak tahun 2005, serta dengan perusahaan lainnya seperti PT. Ajinomoto Indonesia.

Mata Kuliah Unggulan

Al-Qur’an dan al-Hadits K3, Sejarah Peradaban Islam bidang K3, Health and Safety Industry, Toxicology, Epidemiologi, Ekologi Industri dan Lingkungan.

Profil Lulusan

Officer atau Safety Professional HSE (Health Safety Environment) atau OHS (Occupational Health and Safety) di semua sektor baik Oil & Gas (Migas), pertambangan, konstruksi, manufacture; Tenaga K3 di Rumah Sakit; Penanggungjawab K3 di Disnakertrans, Kemenakertrans; Tenaga Pendidik (Dosen); Konsultan K3 di Perusahaan.