Ilmu Gizi merupakan cabang ilmu yang mempelajari hubungan antara makanan yang dimakan  dengan kesehatan tubuh serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cabang ilmu ini diperlukan karena adanya peningkatan masalah-masalah yang timbul akibat transisi epidemiologi dalam bidang gizi, pesatnya pertumbuhan industri pangan, jumlah dan tuntutan mutu institusi pelayanan gizi dan makanan. Prodi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor didirikan dengan cita-cita menghasilkan Sarjana Gizi (SGz) yang profesional beRreputasi Internasional, berkemampuan ilmiah dan praktis untuk mengatasi masalah gizi ganda yang terjadi, baik di Indonesia maupun Negara lain. Pendidikan Profesi gizi yang diselenggarakan bertujuan menghasilkan tenaga profesi gizi yang bermoral Islami, berintegritas tinggi terhadap kepentingan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi penanganan gizi.

Visi

Menjadi Program Studi yang melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat bereputasi internasional yang berasaskan nilai-nilai islami untuk menghasilkan sumber daya manusia di bidang gizi yang unggul, cerdas, kompetitif, dengan tetap berjiwa pondok serta mampu berperan aktif dalam pengembangan keilmuan pada tahun 2030.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran yang terstruktur di bidang Ilmu Gizi sehingga membentuk manusia yang berkompetensi dalam bidangnya dan membentuk manusia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlakul karimah.
  2. Mengadakan penelitian dalam bidang Ilmu Gizi dan menerapkannya dalam mendukung pelayanan kesehatan yang bermutu.
  3. Mengadakan pengabdian pada masyarakat melalui pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang gizi dalam mendukung pelayanan kesehatan.
  4. Menghasilkan karya dan manfaat berbasis enterpreuneurship syari’ah.

Keunggulan Program Studi

Keunggulan Prodi ini adalah mempersiapkan para ahli yang berkompeten di bidang kegizian, baik skala nasional maupun internasional dengan tetap berasaskan pada kajian terhadap makanan halal. Selain itu, Prodi ini bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada sebagai upaya menjadi Prodi Gizi bereputasi internasional. Lebih dari itu, mahasiswa mendapatkan pengetahuan di bidang gizi yang berlandaskan keilmuan gizi yang terkini dan terdepan, di lingkungan perguruan tinggi pesantren yang kondusif sehingga menjadi nilai tambah baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Mata Kuliah Unggulan

Al-Qur’an dan al-Hadits tentang Gizi, Islamic Nutritions, Nutrigenomik, Nutrition Management, Isu-isu Mutakhir Gizi dan Islam, Halal Certification and Assurance.

Profil Lulusan

Konsultan gizi; pegawai rumah sakit; konsultan industri makanan dan minuman; peneliti di lembaga-lembaga pemerintahan; pengawas makanan di industri perhotelan dan pariwisata; pengusaha (initiator, adaptor, kooperator) di bidan gizi