Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat di era global ini, dibutuhkan ketersediaan sumber daya manusia yang terdidik dan terlatih serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan kebutuhan tersebut maka Prodi Ilmu Komunikasi dibuka guna menjawab tantangan serta memecahkan masalah-masalah sosial serta kesenjangan informasi yang semakin kompleks dalam masyarakat.

Prodi ini fokus mengkaji bagaimana cara berkomunikasi antar individu, kelompok dan publik baik secara langsung maupun menggunakan teknologi mutakhir. Pola pengajarannya berfokus pada pengembangan pola pikir, wawasan dan keterampilan para mahasiswa sehingga berkompeten dalam bidang public relation, broadcasting dan jurnalistik.

Visi

Menjadi program studi yang unggul di bidang broadcasting dan public relations di ranah internasional yang terintegrasi dengan ilmu-ilmu kemanusiaan dan keislaman dan tetap mengikuti perkembangan zaman pada tahun 2030

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan bidang ilmu komunikasi, broadcasting dan public relations dengan mengikuti perkembangan zaman.
  • Melakukan penelitian di bidang komunikasi, broadcasting dan public relations yang terintegrasi dengan ilmu keislaman.
  • Melakukan pengabdian, penyebarluasan, dan penerapan hasil-hasil penelitian dan kajian pemikiran di bidang komunikasi, broadcasting dan public relations serta kaitan dengan integrasi nilai-nilai keislaman.
  • Menyebarluaskan ilmu-ilmu keislaman dalam praktek komunikasi, broadcasting dan public relations untuk mengupayakan peningkatan masyarakat yang lebih baik.
  • Menjalin kerjasama dengan pihak luar dibidang komunikasi, broadcasting dan public relations, serta upaya mengintegrasikannya dengan ilmu-ilmu keislaman.

Keunggulan Program Studi

Rancangan kurikulum di Prodi Ilmu Komunikasi disusun dengan cara mengintegritaskan kajian ilmu terapan komunikasi dengan landasan nilai-nilai keislaman. Atas dasar tersebut, maka Prodi Ilmu Komunikasi akan mencetak lulusan sarjana Ilmu Komunikasi yang beriman, bertaqwa, berdaya saing dan mempunyai daya kreativitas yang unggul.

Mata Kuliah Unggulan

Al-Qur’an dan al-Hadits Komunikasi, Sejarah Peradaban Islam Bidang Komunikasi, Jurnalistik, Teknologi Komunikasi, Produksi Siaran Televisi dan Radio, Public Reltion, Fotografi, Periklanan.

Profil Lulusan

Wartawan; manajer dan konsultan media; Event Organizer; penyiar televisi/radio; programmer acara televisi/radio; public relation di instansi pemerintahan; perusahaan swasta dan media massa; serta menjadi analis media yang professional.