Prodi Ilmu Hubungan Internasional adalah bidang ilmu yang mempelajari aktivitas-aktivitas lintas batas negara yang diperankan oleh sejumlah aktor (subjek), yaitu: negara, organisasi internasional, organisasi non-pemerintah (nasional/internasional), perusahaan-perusahaan multinasional dan transnasional, kelompok-kelompok kejahatan internasional, dan individu. Perkembangan ilmu pengetahuan semakin memperluas ruang lingkup kajian Hubungan Internasional. Kajiannya tidak hanya terbatas pada kajian politik, namun berkembang hingga kajian ekonomi politik, keamanan, konflik dan perdamaian, bahkan kajian-kajian isu ringan seperti lingkungan hidup, gender, dan budaya popular.

Keunggulan Program Studi

Keunggulan Prodi Ilmu Hubungan Internasional UNIDA Gontor adalah intensitas penggunaan bahasa asing dalam aktivitas sehari-hari di kampus, utamanya Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Kemampuan Bahasa Arab akan membuka perspektif dan wawasan baru mengenai literatur-literatur tentang dunia Islam sehingga dapat dijadikan sebagai bahan analisis dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang sedang merundung dunia Islam.

Mata Kuliah Unggulan

Worldview Islam, Islam dalam Hubungan Internasional, Ekonomi Politik Internasional, Pengambilan Keputusan dalam Hubungan Internasional, Teori dan Praktik Diplomasi, Diplomasi Kemanusiaan.

Profil Lulusan

Diplomat; Staff Lokal Kedutaan dan Konsulat; Pengamat Politik, Ekonomi, dan Hukum Internasional; Public Relation; Konsultan Perusahaan Multinasional/Transnasional, Wartawan Nasional/Internasional; translator.