Prodi ini berdiri bersamaan dengan diresmikannnya UNIDA Gontor. Program yang ditawarkan didesain untuk menghadapi pertumbuhan dan perkembangan bisnis di dunia global dengan menitikberatkan pada proses pembelajaran yang kreatif dan aplikatif. Dengan proses pendidikan yang mengintegrasikan ilmu manajemen bisnis, pengembangan soft skill, dan kesadaran sosial yang berakar pada sudut pandang Islam. Berfondasi ilmu, amal, dan ihsan, Prodi Ekonomi Islam dalam proses pembelajarannya menekankan kepada tiga aspek penting, yakni konsep dasar ilmu manajemen, karakter wirausahawan, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mencapai kesejahteraan. Kemampuan enterpreunership mahasiswa akan dihantarkan dan dibekali selama 4 tahun dengan sistem kampus berasrama.

Visi

Menjadi Prodi terpercaya yang mengembangkan ilmu manajemen bisnis yang berakar dari paradigma Islamisasi ilmu sebagai solusi bagi umat dan bertaraf internasional pada tahun 2030.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan tinggi dalam rangka mengembangkan ilmu manajemen dari perspektif Islam yang mampu merespon tantangan global.
  2. Menghasilkan insan berkemauan yang mampu mengamalkan ilmunya secara kreatif aplikatif sehingga menjadi pemberi solusi terhadap masalah umat.
  3. Berperan aktif mengembangkan ilmu manajemen melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna memajukan peradaban Islam demi kesejahteraan umat.

Keunggulan Program Studi

Prodi ini memiliki tagline The Wise Character Enterpreuner. Oleh karena itu, sistem perkuliahan didesain untuk membentuk manajer, pebisnis, dan ahli manajemen yang berkarakter kuat dan mampu menghadapi persaingan global. Lebih dari itu, penguasaan bahasa Arab dan Inggris dijadikan alat pengkajian ilmu manajemen Islami dan ilmu manajemen modern.

Mata Kuliah

Materi-materi yang diunggulkan dalam program ini adalah worldview Islam, Qur’an dan Manajemen, Hadist dan Manajemen, Manajemen Lembaga Keuangan Islam, Sistem Pengendalian Manajemen, Manajemen Sektor Publik, Manajemen UMKM dan Bisnis Internasional.

Profil Lulusan

Lulusan program studi manajemen bisnis memiliki peluang untuk dapat berkontribusi sebagai enterpreuner, dosen, peneliti, konsultan manajemen dan manajer perusahaan.