Prodi Ekonomi Islam adalah salah satu Program Studi di Universitas Darussalam Gontor yang memiliki dinamika yang sangat tinggi dan merupakan salah satu Prodi Ekonomi Islam terbaik karena menggabungkan kemampuan menguasai turats (kitab klasik), dengan penguasaan Bahasa Arab dan penguasaan terhadap isu ekonomi kontemporer dengan penguasaan bahasa Inggris. Berikut sekilas tentang Prodi Ekonomi Islam di UNIDA Gontor:


Ilmu ekonomi Islam adalah ilmu ekonomi yang dibangun di atas sistem nilai-nilai Islam. Eksistensi ekonomi Islam terwujud pada prinsip-prinsip ekonomi Islam yang tercermin dalam fenomena sosial generasi pertama muslim yang telah dijadikan sebagai disiplin keilmuan dalam diskursus akademik Islam.

Problem yang dihadapi oleh ilmu ekonomi Islam adalah kesenjangan antara konsep dan nilai-nilai ekonomi Islam sebagai perilaku ideal dengan praktik ekonomi kontemporer. Kesenjangan terjadi karena prinsip dan nilai-nilai ekonomi Islam belum diaplikasikan dalam kehidupan ekonomi. Sehingga diperlukan studi mendalam pada ilmu ekonomi Islam dengan tujuan merumuskan strategi terbaik untuk membumikan ekonomi Islam.

Selain itu, keadaan perekonomian negara-negara muslim masih sangat tertinggal jauh dari negara-negara Barat. Sistem yang digunakan di berbagai Negara muslim masih mengadopsi sistem perekonomian negara-negara Barat, akan tetapi perekonomian negara-negara muslim masih sulit berkembang. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan ilmu ekonomi yang berbeda dari pendekatan yang dilakukan di Barat. Pendekatan ilmu ekonomi yang dibangun disesuaikan dengan pandangan hidup (worldview) umat muslim.

Dengan pendekatan ilmu ekonomi Islam, diharapkan terdapat paradigma baru untuk pembangunan ekonomi yang ideal bagi umat muslim maupun seluruh makhluk hidup.

Prodi Ekonomi Islam

Visi

Menjadi Program Studi unggulan dalam menyelenggarakan integrasi pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan standar internasional yang berbasis Islamisasi Ilmu Ekonomi

Misi

  1. Menyelenggaraan pengajaran ilmu ekonomi Islam berbasis riset dengan orientasi pengabdian masyarakat berstandar internasional.
  2. Mempelopori pengembangan pengajaran dan riset berbasis Islamisasi Ilmu Ekonomi Islam.
  3. Mempelopori penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran Ekonomi Islam dengan sistem pesantren.
  4. Mempublikasikan penelitian-penelitian dalam bidang Islamisasi Ilmu Ekonomi.

Keunggulan Prodi Ekonomi Islam

Berorientasi pada Islamisasi ilmu ekonomi dengan penguasaan bahasa Arab dan Inggris sebagai alat pengkajian ilmu ekonomi Islam dan ekonomi kontemporer. Kurikulum didesain guna memenuhi kebutuhan akan tenaga ahli pada bidang ekonomi Islam yang terbilang sangat besar dengan perkembangan yang sangat pesat, seperti perbankan syariah, asuransi syariah (takaful), lembaga keuangan mikro syariah, perhotelan, dan bisnis lainnya yang pengelolaannya dilakukan secara syariah.

Mata Kuliah

Tafsir iqtishad, Hadits Iqtishad, Fiqh Iqtishad, Filsafat Ekonomi Islam, Ilmu Ekonomi Islam, Makro Ekonomi Islam, Mikro Ekonomi Islam, Ekonomi Pembangunan Islam, Ekonomi Zakat dan Wakaf, Ekonomi Politik Islam.

Profil Lulusan

Lulusan Prodi Ekonomi Islam UNIDA Gontor diharapkan ke depan dapat menjadi pemimpin dalam skala internasional maupun internasional yang memiliki pemahaman ekonomi yang komprehensif. Baik sebagai Sekjen PBB, Presiden, Wakil Presiden, Menteri Keuangan, ataupun Pimpinan Bank Sentral.

Saat lulus, diharapkan lulusan memiliki kompetensi yang dimiliki seorang praktisi perbankan syari’ah; praktisi institusi keuangan non perbankan syari’ah; eksekutif di sektor public; ekonom; analis kebijakan ekonomi; peneliti; maupun konsultan bisnis dan keuangan Islam.

Lebih lanjut tentang Prodi Ekonomi Islam, klik web berikut: ei.unida.gontor.ac.id


Video tentang Ekonomi Islam oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Dr. Khoirul Umam:


Artikel Terkait Prodi Ekonomi Islam


Mahasiswa Ekonomi Islam UNIDA Gontor Raih Best Paper Temilnas di UNAIR

Makroekonomi Islam: Wujudkan Keadilan Sistem Ekonomi

Studi Akademik, Mahasiswi Prodi Ekonomi Islam Kunjungi KPK

Gerakan Indonesia Sadar Wakaf Perdana di Kaltim: Tonggak Kebangkitan Ekonomi Ummat dan Bangsa

Analis BI: Kalian Masa Depan Ekonomi Syariah Indonesia