Empat Universitas ini Riset Bersama untuk Kembangkan UMKM

Empat Universitas ini Riset Bersama untuk Kembangkan UMKM

KUALA LUMPUR- Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Darussalam Gontor pada tahun 2018 mendapat kesempatan untuk mengikuti kolaborasi riset bersama Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Islam Internasional Malaysia. Hasil penelitian kolaborasi ini kemudian dipresentasikan pada workshop Conference on SMES and Their Accebility to Islamic Finance di Ruangan Ibnu Taimiyah Gedung Kulliyyah of Economics and Management Sciences (KENMS) International Islamic University Malaysia pada tanggal 22-23 Januari 2019.

“Kami mengirimkan dua orang dari Program Studi Ekonomi Islam dan lima orang dosen dari Program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen.Jadi, untuk mempersiapkan dosen yang berangkat, kami telah melakukan koordinasi pembinaan hingga simulasi presentasi terhadap seluruh dosen berdasarkan topik riset yang diajukan. Mudah mudahan riset kolaborasi bersama UMY, UNISSULA, dan IIUM ini dapat berkontribusi besar dalam memperkaya studi komparatif tentang potensi UMKM di Indonesia maupun di Malaysia ke depannya,” ungkap Ketua Program Studi Manajemen, Fajar Surya Ari Anggara, Kamis (31/1/2019)

Program ini merupakan tahapan awal realisasi program strategis yang turut mewujudkan Universitas Darussalam Gontor sebagai World Class University yang bermutu dan berarti. Acara konferensi 22-23 Januari 2019 di gagas oleh IIUM sebagai progam dalam tindak lanjut MoU (Memorandum of Understanding) – MoA  Memorandum of Agreement) salah satunya riset bersama dalam bidang pengembangan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di tinjau dari berbagai aspek antara lain Keuangan, Pemasaran, Akuntansi, Profil UMKM, dan Daya Saing Global.

Dosen Program Studi Manajemen yang terlibat antara lain Dr. Hartomi Maulana M.Sc, Fajar Surya Ari Anggara MM., Rahma Yudi Astuti M.ESy., Dhika Amalia Kurniawan MM., dan Roghiebah Jadwal Faradisi M.Ak CA Ak. Hasil penelitian dosen dosen Program Studi Manajemen ini nantinya dapat digunakan sebagai tolak ukur kebijakan yg akan dilakukan untuk pengembangan UMKM baik di Indonesia maupun di Malaysia. [Fajar / Ed. Taufiq]

 

Berita terkait:
Makroekonomi Islam: Wujudkan Keadilan Sistem Ekonomi
Studi Akademik, Mahasiswi Prodi Ekonomi Islam Kunjungi KPK
Peran Muslimah Preneur dalam menghadapi Ekonomi Kreatif di Era Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *