Dosen UNIDA Gontor Menjadi Duta Penelitian Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Leiden University

Dosen UNIDA Gontor Menjadi Duta Penelitian Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Leiden University

Leiden, Belanda – Saat ini sebanyak 13 dosen PTKI peserta Short Course Riset Berstandar Internasional  berada di Leiden. Mereka ini adalah duta-duta penelitian PTKI, yang termasuk di dalamnya adalah Nurizal Ismail, dosen yang mengajar di program studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syari’ah, Universitas Darussalam (UNIDA)  Gontor.

Nurizal Ismail (Dosen UNIDA Gontor) bersama para deligasi dosen PTKI Short Course Riset Berstandar Internasional  Belanda

Universitas Leiden menjadi destinasi pelaksanaan short course baru mulai sejak tahun 2009 yang mempunyai tujuan untuk mengekspos hasil penelitian atau proposal yang akan/telah dilakukan. Program ini adalah momentum bagi dosen PTKI untuk meningkatkan kompetensi para peserta di bidang publikasi hasil penelitian pada jurnal internasional. Mengingat saat ini publikasi internasional telah menjadi tolok ukur intelektualitas para akademisi di Indonesia. Harapannya, karya para dosen dapat dipublikasikan selanjutnya.

Apa yang dilakukan di program ini adalah penguatan bahasa inggris, penulisan ilmiah, dan beberapa seminar ilmiah tentang keIslaman oleh para akademisi dari Universitas Leiden. Selanjutnya, leiden merupakan universitas yang mempunyai manuskrip nusantara terlengkap, yang bisa diakses dan dipelajari sesuai dengan masing-masing bidang keilmuwan para peserta. Contoh, saat ini leiden tengah fokus melakukan digitalisasi naskah panji. di beberapa negara ada ratusan naskah Panji. Naskah panji terdapat di Kamboja ada satu, ada lima di Malaysia, di Indonesia ada cukup banyak yakni 76. Justru yang terbanyak adalah di Leiden (Belanda), 250.

Pesan Dr. Zain sebagai Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) kepada para peserta sebelum melepas keberangkatan ke Leiden Universitas,  “Kekayaan literatur yang dimiliki oleh Universitas Luar Negeri seperti Leiden harus bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin. Cari dan gali untuk mendukung riset anda.” Kursus pendek ini akan berlangsung selama 6 minggu, sejak 8 November sampai dengan 19 Desember 2017. [NI, 2017]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *