Dosen UNIDA Gontor Hadiri Seminar Nasional K3 di Universitas Sebelas Maret Surakarta

Dosen UNIDA Gontor Hadiri Seminar Nasional K3 di Universitas Sebelas Maret Surakarta

Dalam rangka menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) harus dilaksanakan di setiap perusahaan. Penerapan SMK3 tersebut akan berpengaruh dalam peningkatan kualitas produk, produktivitas tenaga kerja dan efisiensi perusahaan yang mampu meningkatkan daya saing di pasar bebas. Perlindungan atas Keselamatan dan Kesehatan Kerja di perusahaan menjadi salah satu syarat wajib yang harus diterapkan dalam persaingan di tingkat ASEAN dan era globalisasi yang ketat.

Peran perusahaan sendiri dalam menghadapi MEA yaitu membudayakaan safety tercipta di perusahaan, menjadi fasilitator bagi pekerja, dan melakukan program yang menunjang terciptanya budaya K3. Baik program berskala nasional maupun internasional dan dengan kesadaran sendiri. Disamping itu diperlukan juga training pendukung untuk para pekerja tetap sehat dan bias melanjutkan hidup tanpa terlibat lagi dengan pekerjaannya setelah pensiun. Untuk mewujudkan safety sebagai budaya atau nilai harus disesuaikan kondisinya di masing – masing perusahaan secara sistem maupun pendekatan yang akan dilakukan.

Penambahan wawasan serta diskusi dengan para pakar K3 sangat diperlukan. Oleh karena itu, Program Studi Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja telah mengirimkan perwakilan dosen untuk mengikuti kegiatan Seminar Nasional K3 dengan tema “Totalitas Peran K3 Guna Mewujudkan Produktivitas dan Kinerja Perusahaan di Dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean” di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Seminar Nasional K3 tersebut dilaksanakan di Auditorium Universitas Sebelas Maret Surakarta pada Sabtu, 24 Oktober 2015 pukul 08.00 – 16.00 WIB. Dosen prodi K3 yang mengikuti Seminar Nasional K3 tersebut ada 2 orang dosen. Realisasi pelaksanaan Pelatihan Ahli K3 Umum ini mencapai 100 % yaitu :

  1. Mendapatkan materi tentang K3 terkait MEA. Pembicara antara lain :
  2. Kepala Subdit Pengembangan SDM K3 Direktorat Bina K3, Ditjen Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kemenaker RI.
  3. Ketua Pengembangan Akademik D4 K3 serta D3 Hiperkes dan KK Fakultas Kedokteran UNS.
  4. Head of OSHE and Risk Management PT. Cipta Kridatama.
  5. HSE Manager PT. Halliburton Indonesia, Trainer dan Konsultan di bidang HSE.
  6. Mampu saling bertukar informasi dengan institusi lain.
  7. Mendapatkan informasi bahwa strategi menjamin kualitas lulusan mahasiswa adalah dengan memasukkan materi kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja ke dalam kurikulum prodi dan menerapkan sistem pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).
  8. Mendapatkan sertifikat seminar nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *