Dosen PBA UNIDA mengadakan Pengabdian Masyarakat Bekerjasama Dengan Islamic Center Abdullah Ghonim As-Samail Ponorogo

Dosen PBA UNIDA mengadakan Pengabdian Masyarakat Bekerjasama Dengan Islamic Center Abdullah Ghonim As-Samail Ponorogo

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu unsur Tri dharma Perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen di seluruh PT se-Indonesia. Termasuk dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universtas Darussalam Gontor. Guna mewujudkan pengabdian tersebut, beberapa dosen PBA mengadakan Pengabdian masyarakat dalam wujud pelatihan dan pembelajaran Bahasa Arab bagi jama’ah Islamic Center “Abdullah Ghanim As-Syamail” Ponorogo.

Program Pelatihan dan Pembelajaran Bahasa Arab bagi jamaah Islamic Center “Abdullah Ghanim As-Syamail” Ponorogo ini, sebenarnya merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universtas Darussalam Gontor dengan Islamic Center “Abdullah Ghanim As-Syamail” Ponorogo yang diawali dengan MoU antara kedua belah pihak. Selain  sebagai sarana pendalaman bahasa Arab, program ini juga dimaksudkan sebagai pengembangan wacana keilmuan dan penguatan Ukhuwah Islamiyah.

Dalam Program ini, pembelajaran terfokus pada praktik Bahasa Arab secara langsung, sehingga banyak memakai metode direct method dan demontrative method, dengan tidak meninggalkan pendekatan secara andragogy, karena memang seluruh peserta berumur lebih dari 30 tahun.

Program ini dilaksanakan pada pada 11 Februari 2017 sampai  dengan 9 September 2017, dengan terdiri dari 21 Pertemuan. 2 pertemuan untuk pembukaan dan penutupan acara, 2 pertemuan untuk melaksanakan Pretest dan Posttes, 16 pertemuan tatap muka untuk pelatihan bahasa Arab, dan 1 pertemuan untuk pengenalan ilmu Mawarits. Dimana dalam satu kali tatap muka terdiri dari 90 menit materi pembelajaran.

Adapun untuk kelas, terbagi menjadi lima kelas, empat untuk peserta pria dan satu kelas untuk putri. Nama-nama kelas yang lima itu diambil dari Khalifah Rasullullah, Abu Bakar As Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib dan ‘Aisyah R.A.

Total semua peserta dalam program pembelajaran ini adalah 48 orang yang terbagi menjadi 42 orang pria dan 6 orang wanita dan juga berasal dari berbagai macam latar belakang pekerjaan, dan ada juga yang berasal dari kalangan mahasiswa dan mahasiswi.

Akhirnya, kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu upaya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universtas Darussalam Gontor dalam rangka membimbing masyarakat ponorogo dalam memperdalam dan mempermudah dalam menguasai bahasa Arab secara bertahap. Nantinya, kegiatan ini akan diteruskan ke tingkatan kedua, bagi yang lulus dalam tingkatan pertama, dan begitu seterusnya, sampai mereka menguasai benar-benar bahasa Arab secara baik. Dan tidak menutup kemungkinan, kegiatan ini akan terus dilaksanakan  di setiap tahunnya. In sya Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *