Dosen PBA UNIDA Gontor Berperan Aktif dalam Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab di Pontianak

Dosen PBA UNIDA Gontor Berperan Aktif dalam Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab di Pontianak

Bahasa Arab merupakan bahasa yang bukan hanya milik orang Arab, tetapi juga milik seluruh Umat Muslim di seluruh dunia., termasuk di Indonesia. Selama beberapa tahun terakhir ini, telah banyak para ulama, cendikiawan muslim dan para akademisi turut andil dalam mengembangkan  bahasa Arab, baik secara metodologi, cara pengajaran dan pembelajaran  bahasa Arab, pendalaman sastra-sastra Arab sampai pengembangan literatur bahasa Arab itu sendiri.  Para akademisi ini bergabung dalam suatu wadah ikatan yang kuat yang didalamnya terdapat para pakar dan  pecinta Bahasa Arab tidak hanya di level perguruan tinggi, tetepi juga di level Madrasah. Ikatan biasa disebut dengan  IMLA, yang merupakan kepanjangan dari Ittihadu Mudarrisi al-Lughoh al-Arabiyah.

Salah satu misi yang dibawah oleh IMLA adalah  Meningkatkan pengajaran dan pengkajian bahasa Arab di Indonesia. Untuk mewujudkan misi tersebut, IMLA mengadakan suatu pekan ilmiah yang bertaraf Internasional yang didalamnya membahas tentang pengajaran dan pengkajian bahasa Arab secara mendalam dimana pakarnya datang dari dalam dan luar Indonesia. Pekan tersebut bernama PINBA yang merupakan kepanjangan dari  Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab.

Pada tahun ini IMLA bekerjasama dengan IAIN Pontiananak Kalimantan Barat, mengadakan Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab ke 10 (PINBA X).  Acara ini dilaksanakan di IAIN Pontianak, mulai tanggal 26-28 Agustus 2016. Acara ini dihadiri oleh para perwakilan  civitas akademi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Bahasa dan sastra Arab, program studi Linguistik dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di wilayah Nusantara. Serta para pakar bahasa Arab dari dalam dan luar Negeri, seperti Drs. Ahmad Fuad Efendi, MA, Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd, Dr. Moh. Eltayeb Moh Hussein,  Dr. Waleed Al-Sayyed, dan masih banyak lagi.

Dalam kesempatan ini, UNIDA Gontor sebagai perguruan tinggi pesantren yang  concern dalam pengajaran dan pembelajaran  Bahasa Arab juga mengutus  delegasinya, yaitu Yoke Suryadarma, M.Pd.I, Dosen Prodi PBA Fakultas Tarbiyah sebagai perwakilan, guna mengikuti rangkaian kegiatan PINBA X di Pontianak. Tidak hanya itu, bahkan  Dr. Abdullah Said Bahurmuz, MA, salah satu anggota Badan Wakaf  PM Darussalam Gontor,  turut hadir dan menjadi salah satu pembicara dalam seminar Internasional ini.

Dengan mengusung tema “اللغة والثقافة العربية في الجامعات والمدارس عبر القارات الخمس” , PINBA ke X diharapkan menjadi pelopor untuk terwujudnya masyarakat Indonesia akan pentingnya Bahasa Arab, tidak hanya sebagai bahasa Agama Umat Islam tetapi sebagai bahasa internasional yang dipakai di negara-negara lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *